Pernikahan di Surabaya saat Pandemi Sudah Boleh, Kapan Pertunjukan Seni Diizinkan?

  Senin, 15 Maret 2021   Praditya Fauzi Rahman
[Ilustrasi] Sejumlah acara seperti pernikahan sudah dibolehkan digelar di Kota Surabaya dengan sejumlah syarat. Lantas, bagaimana dengan pertunjukan seni, sudah diizinkan? (Pixabay/Pexels)

BUBUTAN, AYOSURABAYA.COM – Sejumlah acara seperti pernikahan sudah dibolehkan digelar di Kota Surabaya dengan sejumlah syarat. Lantas, bagaimana dengan pertunjukan seni, sudah diizinkan?

Selain pernikahan, beberapa objek wisata di Jawa Timur pun sudah dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, baik kepada internal wisata maupun pengunjung. Hal itu diamini Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jatim Sinarta. Namun, untuk pertunjukan seni, Sinarta belum menemukan solusinya.

Menurutnya, sampai saat ini pihaknya dan jajaran terkait tengah berpikir keras untuk mencari solusi yang tepat agar pertunjukan seni dapat diadakan kembali. Di sisi lain, Senin (15/3/2021), dia mengatakan, "Pihak keamanan (polisi), bisa memberi dukungan (izin) secara maksimal."

Disbudpar Jatim pun, kata dia, siap untuk melakukan pendampingan. Mengingat para seniman sudah lama tak unjuk gigi di atas panggung selama pandemi Covid-19.

Beberapa seniman di kota pahlawan juga telah mengajukan izin mengadakan pertunjukan. Izin tersebut dibarengi pendampingan dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) agar kerumunan dapat dicegah.

Adapun pernikahan maupun resepsi, saat ini sudah perlahan dibolehkan, dengan catatan, kapasitas tamu wajib dibatasi. Maksimal, hanya 50% kuota dari kapasitas lokasi dan ada alternatif bergiliran hingga beberapa kloter. Meski begitu, untuk pertunjukan seni musik masih belum diberikan izin.

"Mantenan, khususnya prosesi tradisi, tidak apa-apa. Tamu diatur (kapasitas/kuota). Temen-temen Wedding Organizer (WO) sudah paham," katanya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar