[Cek Fakta] Pekerja dari 2000-2021 Dapat Bantuan BPJS Rp3,5 Juta?

  Senin, 15 Maret 2021   M. Naufal Hafizh
Beredar pesan di WhatsApp yang menyebutkan bahwa mereka yang bekerja antara tahun 2000 dan 2021 berhak menerima bantuan sosial finansial sebesar Rp3,5 juta. Apakah hal itu atau hoaks belaka? (Turnbackhoax)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM – Beredar pesan di WhatsApp yang menyebutkan bahwa mereka yang bekerja antara tahun 2000 dan 2021 berhak menerima bantuan sosial finansial sebesar Rp3,5 juta. Apakah hal itu atau hoaks belaka?

Adapun narasi yang beredar tersebut yaitu, “Mereka yang bekerja antara tahun 2000 dan 2021 berhak menerima bantuan sosial finansial sebesar Rp 3.550.000

Periksa apakah nama Anda ada di daftar untuk menarik manfaat

Daftar lengkap

https://bpjs[dot]club/bantuan/?bpjs”

PENJELASAN

Melansir Turnbackhoax.id, Senin (15/3/2021), pesan berantai adalah hoaks dengan kategori konten tiruan.

Dalam pesan berantai tersebut terdapat tautan mengatasnamakan BPJS. Ketika dibuka, tautan itu akan muncul tampilan laman dengan logo BPJS Kesehatan.

Berdasarkan hasil penelusuran, isi pesan berantai tersebut tidak benar dan sudah pernah diperiksa faktanya pada 28 Januari 2021 di turnbackhoax.id dengan judul artikel “[SALAH] Tautan Bantuan Sosial Finansial Rp3.550.000 untuk Pekerja tahun 2000-2021.”

Adapun, pihak BPJS Kesehatan sudah memberikan klarifikasinya pada 27 Januari 2021. Dilansir dari kompas.com, Kepala Humas BPJS Kesehatan M Iqbal Anas Ma’ruf memastikan informasi bantuan sosial finansial sebesar Rp3.550.00 dari BPJS Kesehatan adalah tidak benar alias hoaks. “Dapat kami pastikan itu hoaks, murni hoaks,” kata Iqbal.

4 Cara Sederhana Hindari Nyeri Asam Urat yang Tak Tertahankan

4 Kebiasaan Ini Bikin Berat Badan Susah Turun, Segera Hindari!

Iqbal menjelaskan, pihaknya tidak pernah memberikan bantuan berupa bantuan finansial kepada para peserta BPJS Kesehatan, sebagaimana dinarasikan dalam unggahan tersebut.

“BPJS Kesehatan tidak pernah memberikan bantuan-bantuan finansial seperti itu,” kata Iqbal.

Untuk mengetahui informasi resmi terkait BPJS Kesehatan, Iqbal mengimbau masyarakat untuk mengakses situs resmi, akun media sosial resmi, atau nomor kontak resmi BPJS Kesehatan. “Semua informasi terkait BPJS Kesehatan bisa diakses melalui care center 1500 400 atau ke akun medsos resmi BPJS kesehatan dan website resmi BPJS Kesehatan, bpjs-kesehatan.go.id,” kata Iqbal.

Berdasarkan penjelasan tersebut, konten tersebut masuk ke dalam kategori Konten Tiruan.

Ustaz Abdul Somad Jelaskan 5 Penyesalan Orang Setelah Mati

CEK FAKTA: Puluhan Santri di Jember Pingsan usai Disuntik Vaksin Sinovac?

[CEK FAKTA] Semua Pemilik E-KTP Dapat Bantuan Rp3,5 Juta dari Pemerintah?

[CEK FAKTA] Daftar Bumbu Masakan Populer yang Dikonsumsi Ibu-ibu Ini Mengandung Babi?

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar