Orang yang Sudah Meninggal Masih Bisa Dengar Hiruk Pikuk Dunia?

  Senin, 15 Maret 2021   Andres Fatubun
Pemakaman jenazah Covid-19.

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM – Orang yang sudah meninggal dan berada dalam alam kubur atau alam barzakh, secara kasat mata, memang sudah tidak bergerak. 

Pertanyaannya, benarkah mereka yang sudah meninggal masih bisa mendengar hiruk pikuk yang terjadi di dunia?

Imam Al-Bukhari di dalam kitab Shahihnya meriwayatkan dari Anas bin Malik RA bahwasanya Nabi SAW bersabda: 

عن أنس بن مالك -رضي الله عنه- أنّ رسولَ اللهِ -عليه الصّلاة والسّلام- قال: إنّ العبدَ إذا وُضِعَ في قَبرِه وتولى عنه أصحابَه، وإنه ليسمعُ قَرْعَ نعالِهم، أتاه ملكانِ، فَيُقعَدانِه فيقولانِ: ما كنتَ تقولُ في هذا الرجلِ، لمحمدٍ صلى الله عليه وسلم، فأما المؤمنُ فيقولُ: أشهدُ أنه عبدُ اللهِ ورسولُه، فَيُقالُ له: انظرْ إلى مقعدِكَ من النارِ، قد أبدلك اللهُ به مقعدًا من الجنةِ، فيراهما جميعًا. قال قَتادَةُ وذكر لنا: أنه يُفْسحُ في قبرِه، ثم رجع إلى حديثِ أنسٍ، قال: وأما المنافقُ والكافرُ فَيُقالُ له: ما كنتَ تقولُ في هذا الرجلِ؟ فيقولُ: لا أدري، كنتُ أقولُ ما يقولُ الناسُ، فَيُقالُ: لا دَريتَ ولا تَليتَ، ويُضْرَبُ بِمَطارِقَ من حديدٍ ضربةً، فيصيحُ صيحةً، يَسمعُها من يليِه غيرَ الثقلين

AYO BACA : Keinginan Amien Rais Sebelum Meninggal

Hadits tersebut menyebutkan bahwa, apabila seorang hamba telah dimakamkan di dalam kuburnya, lalu teman-temannya yang mengantar kemudian pergi meninggalkannya hingga dia benar-benar mendengar ketukan sandal mereka menjauh, kemudian dia akan didatangi dua orang malaikat. 

Lalu kedua malaikat itu bertanya kepada si mayit,  ‘Apa yang dahulu kamu ketahui tentang laki-laki ini (Muhammad)?’ 

Jika dia orang yang beriman maka dia menjawab: ‘Aku bersaksi bahwa dia adalah hamba Allah dan utusanNya’. Lalu malaikat itu mengatakan kepadanya, bahwa sebelumnya dia akan ditempatkan di nereka. Tetapi Allah telah menggantinya dengan tempat di surga.  

Nabi SAW bersabda: “Maka dia melihat kedua tempat  tersebut. Sedangkan orang kafir atau munafik, dia akan menjawab: ‘Aku tidak tahu. Aku dahulu mengatakan apa yang dikatakan oleh orang-orang’.  

AYO BACA : Ketum PITI Jelaskan Penyebab Meninggalnya Anton Medan

Maka malaikat pun berkata kepada si mayit, ‘Kamu tidak tahu dan tidak membaca’. Kemudian dia dipukul dengan palu dari besi tepat di antara kedua telinganya. Maka ia pun menjerit dengan jeritan yang bisa didengar oleh makhluk yang ada di dekatnya, kecuali dua makhluk (bangsa jin dan manusia).”

Imam Ath-Thabrani dalam al-Ausath meriwayatkan dari Abu Said al-Khudri ra bahwasanya Nabi SAW bersabda:

إِنَّ الْمَيِّتَ يَعْرِفُ مَنْ يُغَسِّلُهُ وَيَحْمِلُهُ ، وَيُكَفِّنُهُ ، وَيُدَلِّيهِ فِي حُفْرَتِه “Sesungguhnya mayit mengetahui orang yang memandikannya, membawanya, mengkafaninya dan menurunkannya ke liang kuburnya.”

Said bin Jubair RA pernah berkata, “Sesungguhnya orang-orang yang sudah mati itu dapat mengetahui kabar orang-orang yang masih hidup. Setiap orang yang memiliki kerabat pasti mengetahui kabar kerabat-kerabatnya. Jika kabarnya baik, dia merasa senang dan gembira. Jika kabarnya buruk, dia akan cemberut dan sedih.”

Ibnu Munabbih juga pernah berkata: “Sesungguhnya Allah SWT telah membangun sebuah rumah di langit ketujuh yang disebut al-Baidlo’. Di rumah itulah ruh orang-orang mukmin berkumpul. Jika ada penduduk dunia yang meninggal dunia ruh-ruh itu pasti akan menyambutnya dan bertanya kepadanya tentang kabar dunia. Sebagaimana seorang perantau bertanya tentang keluarganya apabila ia kembali kepada mereka.” Ini diriwayatkan Abu Nu’aim dalam Hilyat al-Auliyaa.

AYO BACA : Tokoh Tionghoa Muslim Anton Medan Meninggal Dunia

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar