Mengenal Sosok Habib Musthofa bin Jafar Assegaf, Meninggal saat Baca Maulid

  Selasa, 16 Maret 2021   M. Naufal Hafizh
Habib Musthofa bin Jafar Assegaf meninggal dunia pada Minggu, 14 Maret 2021 malam. Uztad Yusuf Mansur mengabarkan melalui Instagram bahwa Habib Musthofa bin Jafar Assegaf dikabarkan meninggal saat membaca maulid. (Instagram)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM -- Habib Musthofa bin Jafar Assegaf meninggal dunia pada Minggu, 14 Maret 2021 malam. Uztad Yusuf Mansur mengabarkan melalui Instagram bahwa Habib Musthofa bin Jafar Assegaf dikabarkan meninggal saat membaca maulid.

"Ya Allah Inna lillah, yuk kawan-kawan doain Habib Musthofa bin Habib Ja'far Assegaf, wafatnya lagi baca maulid," tulis Yusuf Mansur di Instagramnya dengan unggahan video dari Habib Musthofa bin Jafar Assegaf, Senin (15/3/2021).

Adapun wafatnya Habib Musthofa, sebagai salah satu petinggi majelis ilmu Nurul Musthofa tersebut, telah dibenarkah seorang kerabatnya. Melalui video singkat, kerabat bernama Hassan Jafar Umar Assegaf membenarkan secara langsung kabar duka tersebut.

Hukum Jual Beli Kucing dan Anjing dalam Islam, Halal atau Dosa?

5 Tanda Kiamat Besar dalam Islam, Matahari Terbit dari Barat

Hassan Jafar Umar Assegaf juga menjelaskan bahwa jenazah Habib Musthofa akan dimakamkan setelah Salat Zuhur,  di sebelah pusara sang ibu, yaitu Fatma binti Hasan Al Athos.

Bagaimana sosok Habib Musthofa semasa hidupnya? Berikut ini profil Habib Musthofa bin Jafar Assegaf dilansir dari Suara.com.

Lulusan Hadhramaut di Yaman

Menurut Ustaz Yusuf Mansur, almarhum Habib Musthofa merupakan ulama lulusan Hadhramaut di Negeri Yaman. Sebuah lembaga yang menjadi embrio penebar dakwah Islam di dunia, termasuk juga di Indonesia.

Pendiri Majelis Nurul Musthofa

Majelis Nurul Musthofa merupakan salah satu media untuk mendekatkan diri kepada Allah dan Rasulullah SAW, yang didirikan pada tahun 1996. Nurul Musthofa diambil dari nama Rasulullah SAW yang artinya “Cahaya Pilihan”, bermula dari pengajian Al-Qur’an dan xikir-zikir yang keliling dari rumah ke rumah.

Pada tahun 2005, Majelis Nurul Musthofa mengokohkan yayasan “Nurul Musthofa”, yang diketuai oleh saudara dari Al Habib Hasan bin Ja'far Assegaf, yaitu Al Habib Abdulloh Bin Ja’far Assegaf dan juga Al Habib Musthofa Bin Ja’far Assegaf. Yayasan tersebut telah mendapatkan izin resmi dari Departemen Agama RI. Satu tahun kemudian, Majelis Nurul Musthofa berkembang pesat dari 50 Masjid menjadi 250 Masjid di Jakarta.

Kemudian pada tahun 2007, Majelis Nurul Musthofa mendirikan Majelis sementara yang sedang dibangun seluas 700 meter di belakang rumah kediaman Habib Hasan Bin Ja’far Assegaf.

Bagaimana Hukum Rayakan Valentine menurut Islam, Boleh atau Tidak?

Tokoh Tionghoa Muslim Anton Medan Meninggal Dunia

Meninggal Dunia di Malam 1 Syaban

Kepergian Habib Musthofa bin Jafar Assegaf tersebut bertepatan dengan malam 1 Syaban 1142 Hijriah. Dikenang oleh Ustaz Yusuf Mansur, mendiang Habib Musthofa bin Jafar Assegaf meninggal dunia saat sedang membaca maulid di majelis maulid.

Namun hingga kini, belum diketahui secara pasti penyebab wafatnya Habib Musthofa Bin Jafar Assegaf. Demikian penjelasan singkat profil Habib Musthofa bin Jafar Assegaf. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan.

Anggap Islam Arogan, Abu Janda Diperiksa Bareskrim Polri Hari Ini

Hukum Jual Beli Kucing dan Anjing dalam Islam, Halal atau Dosa?

5 Pernikahan yang Hukumnya Haram, Termasuk Kawin Kontrak

 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar