Gubernur Khofifah Promosikan Alpukat Jumbo Pameling Khas Malang, Ini Keunggulanya

  Selasa, 16 Maret 2021   Andres Fatubun
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, menunjukkan Alpukat Pameling khas Malang. (khofifah.ip)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mempromosikan produk pertanian unggulan khas Lawang Malang yaitu alpukat Pameling. 

Dikutip dari Republika, alpukat Pameling berasal dari Desa Wonorejo, Kecamatan Lawang. Dulunya dinamai Alpukat Arjuno, namun diubah oleh Bupati Malang dengan nama Pameling. Nama ini menunjukkan harapan warga, agar setiap orang yang telah melihat dan mencicipi kelezatannya akan terus mengingatnya (ter-eling-eling dalam bahasa Jawa).

AYO BACA : Inikah Bentuk Virus Corona Jika Diperbesar 2.600 Kali?

Ukuran alpukat Pameling lebih besar dari ukuran alpukat pada umumnya. Alpulat Pameling yang tergolong jumbo, memiliki berat dari 600 gram hingga 2 kg buahnya dengan bentuk buah agak lonjong.

Dalam unggahan di akun instagramnya, Khofifah mengatakan saat ini Kementan membuka kesempatan luas untuk budidaya alpukat Pameling di beberapa daerah lain seperti Probolinggo, Madiun, Ponorogo, Pacitan dan Trenggalek. Warga bisa memanfaatkan KUR yang disiapkan melalui kelompok tani di bank Himbara dan bank Jatim.

AYO BACA : Hati-hati Gagal Diet Gara-gara Kecanduan Makan, Ini 4 Tandanya

Keunggulan Alpukat Pameling
Selain ukurannya yang jumbo, alpukat Pameling memiliki keunggulan lainnya. 

Alpukat Pameling memiliki daging buah yang tebal, warnanya kuning mentega, dan bijinya relatif kecil. Tanaman ini memiliki produktivitas tinggi mencapai 150 hingga 200 kg per pohon dan termasuk tanaman yang genjah karena pada umur dua tahun sudah mulai belajar berbuah. 

Keunggulan lainnya, pohon alpukat Pameling berbuah sepanjang tahun tanpa mengenal musim. 

Dengan keunggulannya tersebut, alpukat Pameling menyabet juara II kontes buah unggulan nasional yang diselenggarakan dalam rangka PENAS di Aceh pada 2017. Kemudian pada 2019 alpukat Varietas Pameling ini resmi didaftarkan dan dilepas oleh Menteri Pertanian sebagai alpukat unggulan nasional.

 

AYO BACA : Minum Kopi Sebelum Sarapan, Menyehatkan atau Membahayakan?

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar