Selain Jambu Biji, Kayu Manis Secara Alami Dapat Menurunkan Gula Darah

  Selasa, 16 Maret 2021   Andres Fatubun
Kayu manis. (Daria-Yakovleva/pixabay)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Selain jambu biji, kayu manis diklaim efektif menurunkan gula darah.

Beberapa penelitian mengungkap adanya hubungan antara penurunan kadar gula dengan mengonsumsi kayu manis. Salah satunya menemukan bahwa kayu manis mungkin dapat menurunkan kadar gula darah hingga 24 persen dan kadar kolesterol hingga 18 persen.

AYO BACA : 3 Dampak Buruk Sering Memakai Headset

Penelitian lain mengungkapkan kayu manis yang dikonsumsi 2 gram setiap hari selama 12 minggu berturut-turut kemungkinan dapat mengontrol gula darah dan menurunkan tekanan darah pada pasien diabetes. 

Kayu manis pun dinilai efektif menurunkan tekanan darah dan mencegah terjadinya komplikasi pada ibu hamul.

AYO BACA : Cara Transfer Data dari Ponsel iOS ke Samsung Galaxy

Cara Tepat Mengonsumsi Kayu Manis
Berbagai manfaat kayu manis untuk kesehatan mungkin bisa Anda peroleh, namun ada hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengonsumsinya. Meski saat ini belum ada takaran yang benar-benar pasti, ada baiknya Anda mempertimbangkan takaran yang direkomendasikan berikut ini:

  • Untuk kayu manis jenis Cassia, disarankan hanya menggunakannya sebanyak 0,5 – 4 gram atau setara dengan satu sendok teh per hari.
  • Untuk kayu manis jenis Ceyon, disarankan untuk menggunakannya sebanyak 5 gram atau setara dengan 2,5 sendok teh per hari.

Perbedaan takaran tersebut dikarenakan adanya perbedaan jumlah kandungan yang terdapat pada kayu manis jenis Cassia dengan jenis Ceyon. Sebagai contoh, kandungan kumarin yang terdapat pada Cassia lebih tinggi jika dibandingkan dengan kayu manis jenis Ceyon, sehingga perlu takaran yang lebih sedikit agar aman untuk dikonsumsi.

 

AYO BACA : Hati-hati Gagal Diet Gara-gara Kecanduan Makan, Ini 4 Tandanya

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar