Pemimpin Redaksi Jatimnow Meninggal Dunia

  Selasa, 16 Maret 2021   Praditya Fauzi Rahman
Pemimpin redaksi jatimnow.com, Budi Sugiharto.

SUKOLILO, AYOSURABAYA.COM -- Berita duka menyelimuti dunia pers Jawa Timur setelah salah seorang wartawan seniornya Budi Sugiharto berpulang ke hadapan Ilahi.

Pria yang akrab disapa Cak Uglu itu wafat sekitar pukul 06.00 WIB di RS PHC Surabaya pada Selasa (16/3/2021) usai berjuang melawan ganasnya penyakit stroke yang dideritanya dalam beberapa waktu terakhir. Tim medis menyatakan kondisi Cak Uglu Sugiharto negatif Covid-19 saat menghembuskan nafas terakhirnya. 

Sepak terjang almarhum dalam dunia jurnalistik dikenal luas oleh publik, terlebih di dunia pewarta foto. Awal karir Cak Uglu dimulai dengan menjadi wartawan foto di Koran Harian Surabaya Post. Selain itu, Cak Uglu juga mengepakan sayapnya ke Memorandum. 

Lulusan Sekolah Tinggi Ilmu Komunimasi Almamater Wartawan Surabaya (Stikosa-AWS) jurusan jurnalistik itu juga pernah menjadi seorang stringer jurnalis foto kantor berita asing, mulai dari AFP, Reuters, hingga AP untuk wilayah Jawa Timur.

AYO BACA : Ustaz Abdul Somad Ceritakan Keutamaan dan Amalan Utama Saat Syaban

Kiprahnya semakin melebar setelah menjadi Kepala Biro Detik.com Surabaya.

Rekam jejak Cak Uglu tersirat dan tersurat saat ia pernah dikirim atasannya untuk meliput demonstrasi reformasi tahun 1998 di Surabaya dan kasus Bom Bali 1 tahun 2002 dan Lumpur Lapindo Brantas Inc di Sidoarjo. 

Jurnalis serba bisa itu seolah selalu haus ilmu. Sehingga, membuat dirinya tak pernah berhenti belajar dan mengembangkan kemampuan yang dimiliki. Begitu juga untuk membagikan pengalaman kepada para juniornya.

Salah seorang reporter Suara Surabaya, Totok Sumarno, mengaku terkejut dengan kabar tersebut. Totok mengaku kagum dengan ilmu dan pengalaman serta pribadi Cak Uglu yang notabene menjadi teman seperjuangan di dunia jurnalistik sejak menjadi wartawan di Surabaya Post.

AYO BACA : Jika Mudik Tahun Ini Diizinkan, Menhub Prediksi Akan Terjadi Lonjakan

Terakhir kali, Cak Uglu mendirikan sebuah media online bernama jatimnow.com, media yang berkantor di Jalan Jimerto, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya. Ia sendiri menjabat sebagai Pimpinan Redaksi.

"Terakhir ketemu di kantornya. Dia itu teman, saudara," terang Totok saat memakamkan almarhum di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Keputih Surabaya, Selasa (16/3/2021).

Sekretaris Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya, Irvan Widyanto, juga mengaku sangat kehilangan. Ia tak henti-hentinya menyeka air mata di pipinya saat mengantar almarhum ke tempat peristirahatan terakhir. 

"Saya saksinya, orang yang baik," katanya lirih. 

Sebelum Cak Uglu, pada Februari 2021 rekan seperjuangannya, fotografer senior Jawa Pos, Yuyung Abdi juga meninggal dunia.

AYO BACA : Kabar Gembira, 67 dari 154 Kelurahan di Surabaya Nihil Kasus Perawatan Pasien Covid-19

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar