Perdunu Gelar Ngaji Kilat Selama 20 Hari di Bulan Ramadan

  Rabu, 17 Maret 2021   Praditya Fauzi Rahman

BANYUWANGI, AYOSURABAYA.COM -- Menjelang datangnya bulan suci Ramadan, umat Islam akan bersama-sama meningkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Allah SWT. 

Salah satunya seperti yang diadakan oleh Persatuan Dukun Nusantara (Perdunu), yakni mengadakan kegiatan bertajuk "Ngaji Kilat Pengajian Kitab Dukun di Bulan Ramadhan bersama Dukun Santri dan Sanad Keilmuannya".

Bendahara PB Perdunu, Gus In'am Thoha Mannan, mengatakan ada serangkaian kegiatan yang diadakan pihaknya. Selain meminimalisasi kuota dalam kegiatan itu secara konvensional, yakni membatasi kapasitas orang selama kegiatan berlangsung lantaran masih dalam masa Pandemi Covid-19, kegiatan itu juga dilakukan secara virtual.

AYO BACA : Jadwal Pembukaan Kartu Prakerja Gelombang 15, Kapan Dibuka?

"Acaranya konvensional dan virtual di lima tempat berbeda. Jadi jam-jamnya diseluruh pondok-pondok masing-masing. Santri yang ingin ngaji kilat nanti link-nya kita bagikan," kata In'am saat dihubungi AyoSurabaya.com, Rabu (17/3/2021).

In'am menjelaskan, tujuan diberlakukannya kegiatan itu adalag untuk menghidupkan dan menyemarakan kembali khasanah 10 kitab. Kendati saat pelaksanaan, hanya mengkaji lima kitab dari limakiai dengan lokasi yang berbeda.

"Intinya, kita ingin menghidupkan kembali khasanah-khasanah kitab-kitab. Lebih dari 10 kitab, sementara ada lima kitab yang akan kita kaji," lanjutnya.

AYO BACA : Lagi Diet? Jangan Lakukan Hal-hal Sepele Ini yang Bikin Berat Badan Naik

Berikut daftar lima kitab, lima kiai, dan lima  Pondok Pesantren diadakannya ngaji kilat:

1. Khozinatul Asror - Gus Halim Ishaq, PP Roudlotus Salam Sumbergondo, Glenmore
2. Al Aufaq - Gus Masykur Fauzan, PP Manbaul Falah Kedungliwung, Singojuruh
3. Thibbun Nabawi - Gus Malik Syafaat, PP Darussalam Puncak, Kantor DPC PKB Banyuwangi
4. Manba' Ushulul Hikmah - Gus Abdurrahman Al-Jawi, PP Al-Islami Pesanggaran, Banyuwangi
5. As-Sirrul Jalil - Gus Ridwan Abdullah, PP Nurul Huda Bangorejo, Banyuwangi

Ia beranggapan, antusiasme santri dan masyarakat dalam kegiatan ini sangat besar. Sementara penggabungan lima kiai dari lima ponpes secara bersamaan baru digelar kali ini.

Ngaji kilat ini dibuka untuk umum. Saat hari H, panitia akan membagikan link streaming agar kegiatan itu dapat diakses seluruh kalangan di sejumlah daerah di Indonesia.
 
"Terbuka untuk umum, bagi warga luar ponpes yang ingin gabung bisa langsung bergabung, nanti kita share linknya sebelum acara. ini dilakukan serentak semua, tim kami akan keliling ke lima tempat ponpes untuk menyiarkannya," tutupnya.

AYO BACA : Ini Syarat, Biaya, & Alur Perpanjangan SIM di SIMLing Surabaya

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar