4 Varian Porsche Taycan Mengaspal di Surabaya, Berapa Harganya?

  Rabu, 17 Maret 2021   Praditya Fauzi Rahman
Porsche melaunching Taycan Turbo S di Showroom Aditya Warman, Surabaya. Rabu (17/3/2021). (ayosurabaya/Praditya Fauzi Rahman)

WONOKROMO, AYOSURABAYA.COM -- Porsche Centre Surabaya meluncurkan produk terbarunya, yakni Taycan Turbo S pada Rabu (17/3/2021). 

ayosurabaya mendapatkan kesempatan langsung untuk melihat dari dekat dan lebih detil mobil yang didatangkan oleh PT Eurokars Artha Utama (EAU), distributor resmi Porsche di Indonesia itu. 

Porsche Trainer dari PT Eurokars Artha Utama (Porsche Indonesia), Rico Boen, mengatakan Porsche Taycan merupakan kendaraan listrik pertama yang diproduksi Porsche. Taycan diklaim menjadi satu-satunya mobil listrik yang menggunakan sistem full elektrik di Indonesia.

"Kelebihannya, ini mobil listrik pertama kali dan full elektrik, tidak ada mesinnya sama sekali, hanya ada elektrik motor depan belakang," kata Rico kepada AyoSurabaya.com saat launching Taycan Turbo S di Showroom Resmi Porsche yang berada di Jalan adityawarman 41 Surabaya. 

IMG-20210317-132100

Taycan atau yang berarti arti kuda yang lincah itu mampu mengisi daya baterai dalam durasi sekitar 8 jam dengan mekanisme pengisian daya 22 kilowatt dan arus 32 ampere disertai tegangan 400 volt. Sesuai dengan kapasitas tersebut, Taycan dapat menempuh jarak sekitar 432 kilometer.

AYO BACA : Cara Pembuat Hoaks Memanipulasi Judul Berita

"Kemarin pas test drive dari Jakarta ke Bandung keliling-keliling, balik Jakarta lagi, baru habis batreinya. Itu hanya satu kali charge," sambungnya sembari menunjukan panel baterai.

Porsche Taycan mulai dipasarkan secara global, termasuk di kota pahlawan. Taycan memiliki empat varian, antara lain Taycan, Taycan S, Taycan Turbo, dan Taycan Turbo S. 

Untuk tipe Taycan Turbo S, mampu menghasilkan daya overboost mencapai 761 PS yang berkolaborasi dengan Launch Control. Mobil ini dapat berakselerasi dari angka 0 hingga 100 km / jam dalam durasi 2,8 detik saja. 

Sedangkan, Taycan Turbo mencapai 680 PS dan melakukan akselerasi sprint dalam 3,2 detik dengan jangkauan hingga 412 kilometer. Namun, untuk tipe Turbo mencapai 450 kilometer.

Tampilan depan, Taycan terlihat cukup lebar serta dilengkapi dengan sayap yang berkontur. Siluetnya atau lekukannya, terbentuk selaras dengan garis atap sportif yang condong miring ke belakang dan bawah. Kabin Taycan sangat ramping, lengkap dengan pilar C yang ditarik dari bahu sayap. Parasnya kian elok lantaran masih menyematkan DNA khas Porsche pada lampu depan dan detil desain lekukan.

IMG-20210317-135545

AYO BACA : 5 Cara Bikin Baterai HP Awet, Tak Perlu Charge Seharian

"Desain barunya Taycan tetap mempertahankan ciri khas Porsche pada lampu depannya, aerodinamika-nya juga rendah. Ini (Taycan) salah satu mobil listrik paling pendek didunia," ujarnya.

Senada, General Manager Porsche Centre Surabaya, Alexander Riedel mengungkapkan, sisi interior Taycan diklaim lebih ciamik. Taycan memiliki dasbor dengan klaster instrumen melengkung serta berdiri bebas. 

Untuk hiburan para penggunanya, Taycan dilengkapi layar berukuran 10.9 inci pada sisi depan layar. Untuk sisi penumpang, opsional digabungkan guna membentuk pita kaca nan terintegrasi sesuai dengan tampilan panel hitam. 

Alexander optimis antusiasme warga Jawa Timur, terutama Kota Surabaya terhadap Porsche Taycan cukup besar dan positif. 

"Sangat antusias ya di Surabaya, dan kami sangat senang. Segmentasinya relatif, tapi yang pasti respon terhadap mobil elektrik ini sangat baik. Harga basic Taycan Rp2,65 miliar dan Taycan Turbo S Rp5,695 miliar di Surabaya, itu harga off the road-nya," jelas pria yang kerap disapa Mr. Alex itu.

Alex menilai, masyarakat di Indonesia, termasuk di Surabaya sudah siap untuk menerima mobil listrik menapak di jalanan. Bahkan, pemerintah telah mendukung adanya mobil listrik yang lebih ramah lingkungan itu dengan memasang sejumlah 'Charger Public' di beberapa titik. 

"Tentunya, Taycan sudah sangat siap untuk bersaing, ini adalah mobil listrik terbaik tahun ini karena sistemnya high performance dan sangat berbeda serta lebih baik dari brand lain. Di Surabaya kami optimis, karena pasarnya sudah siap, sudah ada Charging Public di Surabaya, jadi saya rasa pasarnya sudah siap. Saya kira di Indonesia adalah momennya untuk menggunakan mobil listrik, begitu juga dengan fasilitas pendukung (Charger Public)," tutup pria asal Jerman itu.

AYO BACA : 7 HP Murah Xiaomi Terbaru, Rp1 Jutaan hingga RAM 8 GB Maret 2021

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar