Muhammadiyah Prediksi Awal Ramadan Tahun Ini Serentak 13 April

  Rabu, 17 Maret 2021   Andres Fatubun
Ilustrasi. (mohamed Hassan dari Pixabay )

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM – Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah mengumumkan awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijjah 1442 Hijriyah berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal. 

"Kalau berdasarkan perhitungan, sebenarnya ada kemungkinan besar akan bareng (awal Ramadan tahun ini akan serentak)," kata Anggota Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Rahmadi Wibowo seperti dikutip dari Republika.co.id, Rabu (17/3).  

Rahmadi menyampaikan, kalau dari hitung-hitungan memang prediksinya atau kemungkinannya awal Ramadan tahun ini akan serempak. Hanya saja tetap keputusan pemerintah mengacu pada hasil sidang isbat penentuan awal Ramadan.  

Kalau di Muhammadiyah ketika ketinggian hilal di atas nol derajat, maka sudah masuk awal bulan. Tapi di Kementerian Agama ketinggian hilal harus di atas 2 derajat. "Jadi yang (mungkin) nanti menyebabkan perbedaan bukan hitungannya, tetapi kriteria yang digunakannya," ujarnya. 

AYO BACA : Tren Covid-19 di Malang Menurun, Mudik Diperbolehkan?

Rahmadi menerangkan, wujudul hilal adalah kriterianya, hisab hakiki adalah metodenya. Jadi Muhamadiyah memperhitungkan posisi bulan yang sebenarnya berdasarkan kriteria dan metode itu.  

Dia mengatakan, karena Muhammadiyah menggunakan kriteria wujudul hilal. Untuk itu ada kriteria yang harus terpenuhi. Pertama, telah terjadi ijtimak (konjungsi). Kedua, ijtimak (konjungsi) itu terjadi sebelum matahari terbenam. "Ketiga, pada saat terbenamnya matahari piringan atas bulan berada di atas ufuk atau bulan baru telah wujud," ujarnya. 

Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah mengumumkan awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijjah 1442 Hijriyah berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah. 

Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadan 1442 Hijriyah jatuh pada Selasa Wage, 13 April 2021. Kemudian menetapkan 1 Syawal 1442 Hijriyah jatuh pada Kamis Wage, 13 Mei 2021. Sementara, 1 Zulhijjah 1442 Hijriyah jatuh pada Ahad Pon, 11 Juli 2021. 

AYO BACA : Gubernur Jabar dan Jatim serta Sultan Yogyakarta Perbolehkan Mudik dengan Syarat, Bagaimana Jatim?

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar