Warga Jakarta Diimbau Sedapat Mungkin Tidak Mudik

  Rabu, 17 Maret 2021   Andres Fatubun
Arus mudik 2018. (ayosurabaya)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM -- Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengatakan pihaknya memahami keputusan pemerintah yang tidak melarang mudik saat libur Idul Fitri 2021. Namun, Riza berharap agar masyarakat tetap berada di rumah untuk mencegah penularan virus corona. 

"Kami memahami apa yang menjadi kebijakan pemerintah. Alhamdullilah, karena sudah turun, kemudian sudah vaksin, kemudian tahun lalu saudara kita tidak bisa mudik, libur 3 sampai 4 kali juga tidak diperkenankan mudik, ke luar kota, maka pemerintah mengambil kebijakan di tahun ini diberikan keleluasan," katanya di Balai Kota Jakarta, Rabu (17/3). 

AYO BACA : Tren Covid-19 di Malang Menurun, Mudik Diperbolehkan?

"Namun demikian, kami tetap bagi warga Jakarta sedapat mungkin tempat yang terbaik berada di rumah," ucapnya menambahkan.

Meski demikian, Ariza menuturkan, jika masyarakat tetap hendak melakukan mudik, maka harus memperhatikan prosedur protokol kesehatan secara ketat. Di antaranya seperti melaksanakan tes PCR maupun tes swab antigen sebelum melakukan perjalanan ke luar kota. 

AYO BACA : Video Syur Diduga Diambil di Bogor Beredar di Situs Porno

Ariza menjelaskan, hal tersebut penting dilakukan untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19 terhadap anggota keluarga saat melakukan mudik. Ia pun memaklumi bahwa mudik menjadi kultur atau budaya Indonesia saat hari raya Lebaran. 

"Namun demikian, harus diperhatikan, jangan sampai mudik tahun lalu kita bisa mencegah, orang tua kita, kakek-nenek kita selamat. Jangan sampai kali ini, karena kangen mudik, kemudian datang ke kampung, kita membawa virus ke kampung, sehingga orang tua, kakek-nenek kita jadi terpapar virus, jangan sampai seperti itu," katanya.

"Jadi, sekalipun pemerintah memberikan keleluasaan, tetapi tolong tetap diperhatikan protokol kesehatan dan dipastikan kalau bisa di Jakarta, tetap di Jakarta," ucapnya.

AYO BACA : Gubernur Jabar dan Jatim serta Sultan Yogyakarta Perbolehkan Mudik dengan Syarat, Bagaimana Jatim?

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar