Siap-siap, Ini Jadwal Pembukaan CPNS & PPPK 2021, Dibuka April?

  Kamis, 18 Maret 2021   M. Naufal Hafizh
[Ilustrasi] Sejumlah peserta tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemprov Jabar saat akan melakukan tes di Sport Jabar Arcamanik, Jalan Pacuan Kuda, Kota Bandung, Jumat (26/10/2018). (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

Jika berminat mengikuti CPNS & PPPK 2021, simak jadwal pembukaan yang rencananya dilakukan April, kuota, syarat, berkas, hingga rencana jadwal pengumumannya.

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM -- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) akan membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2021.

Lowongan CPNS pemerintah pusat dibuka sebanyak 83.000 orang dengan persentase 50 persen PPPK dan 50 persen CPNS.

Pemerintah disebut membutuhkan sekitar 1,3 juta formasim yang terdiri atas satu juta guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), melalui skema yang menjadi program kemendikbud dan khusus untuk pemerintah daerah (Pemda).

Proses pendaftaran mulai dilakukan April hingga Mei 2021. Pengumuman formasi lengkap akan diberitahukan pada Maret mendatang.

Untuk kebutuhan selain guru di pemda disediakan sebanyak 189.000 formasi, yang terdiri atas 70.000 PPPK jabatan fungsional selain guru dan 119.000 CPNS untuk berbagai jenis teknis yang sangat diperlukan. Termasuk tenaga kesehatan.

Jumlah formasi ini sudah diusulkan oleh Deputi Bidang SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dan telah disetujui oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani, seperti dikutip dari Suara.com.

Sebelum memutuskan untuk mendaftar CPNS, pastikan Anda memenuhi persyaratan berikut:

1. Warga Negara Indonesia (WNI).

2. Ketika mendaftar, minimal berusia 18 tahun dan maksimal berusia 35 tahun.

3. Tidak memiliki catatan pidana.

4. Tidak pernah berhenti kerja atas permintaan sendiri ataupun karena dipecat sebagai PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, dan untuk pegawai swasta tidak boleh memiliki riwayat pernah dipecat.

5. Bukan seorang PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara

6. Republik Indonesia yang telah terdaftar.

7. Bukan anggota atau pengurus partai politik maupun terlibat politik praktis.

8. Pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan yang akan dilamar.

9. Sehat jasmani dan rohani.

10. Harus bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Instansi Pemerintah.

Meski sampai saat ini belum ada pengumuman tertulis resmi, namun kiranya Anda bisa terlebih dahulu mempersiapkan dokumen yang pasti akan dibutuhkan seperti:

1. Akta kelahiran

2. KTP

3. Ijazah dan transkrip nilai

4. Kartu keluarga

5. Pas foto ukuran 4×6

6. Dokumen tambahan lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar.

Pendaftaran seleksi CPNS tahun 2021 akan segera dibuka setelah selesainya pertimbangan teknis dari Kementerian Keuangan dan Badan Kepegawaian Sipil (BKN).

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar