Mengejutkan, Ini 5 Manfaat Muay Thai bagi Kesehatan Mental

  Kamis, 18 Maret 2021   M. Naufal Hafizh
[Ilustrasi] Muay Thai, olahraga nasional dari Thailand, selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, juga baik bagi kesehatan mental. (Pixabay/Claudio_Scott)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM -- Muay Thai, olahraga nasional dari Thailand, selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, juga baik bagi kesehatan mental.

Kata Muay berasal dari bahasa Sanskerta 'mavya' yang berarti tinju bela diri, sedangkan Thai berasal dari kata Tai yang adalah suku Thai.

Muay Thai biasa disebut dengan sebagai Seni Delapan Tungkai. Teknik ini sarat dengan tendangan, pukulan, siku, dan serangan lutut. Dilansir dari livestrong, berikut ini 5 manfaat Muay Thai yang mengagumkan.

8 Kebiasaan Sederhana yang Membuat Anda Bahagia, Sudah Dilakukan?

Warna Pakaian Ini Bisa Datangkan Rasa Bahagia

5 Cara agar Tetap Bahagia di Tengah Orang-orang Negatif

1. Dapat mengurangi kecemasan

Olahraga ini mungkin tampak seperti pertengkaran yang benar-benar akan meningkatkan kecemasanmu, tetapi sebenarnya dapat menenangkan setelah kamu melakukannya.

“Ada sedikit waktu untuk berpikir dalam olahraga ini karena kamu terus-menerus bereaksi terhadap setiap langkah lawan," kata pelatih muay thai Raquel Harris. “Muay thai telah membantu saya mengatasi kecemasan dan stres sehari-hari,” kata Edyk Jeffry, pelatih dan manajer di NY San Da, sekolah seni bela diri di New York City.

2. Meningkatkan keseimbangan

"Muay thai mengharuskan berdiri dengan satu kaki-seperti menendang yang dapat meningkatkan keseimbanganmu," kata pelatih muay thai Raquel Harris. "Pada tingkat lanjutan, kamu harus dapat menendang tanpa henti dengan kaki yang sama tanpa terjatuh."

"Muay thai dinilai berdasarkan keanggunan sehingga keseimbangan adalah titik fokus dalam pelatihan," kata pelatih seni bela diri Edyk Jeffry.

3. Fungsi kerja otot bertambah

Muay thai menggunakan tulang kering dan lutut. “Kamu bergerak, menyerang dan mempertahankan dari berbagai sudut, sehingga semua otot dan sistem energimu bekerja,” kata Dan Roberts, CSCS, seorang pelatih pribadi Muay Thai, NUK SOO. Berbagai tendangan dan pukulan yang dilakukan dalam olahraga ini bisa membuat fungsi otot bertambah sehingga baik untuk massa otot.

4. Mengajarmu untuk membela diri sendiri

"Dalam situasi kehidupan nyata, saya akan menggunakan lutut, siku, dan clinch," kata pelatih muay thai Raquel Harris. The clinch adalah teknik yang melibatkan memegang lawanmu saat menyerang. Di sini, kamu bisa mendominasi penyerang yang berusaha pegang kendali pada kepala, pergelangan tangan atau pinggangmu.

5. Menambah kepercayaan diri

Kamu akan mendapatkan kepercayaan dari dalam pelatihan muay thai bukan hanya karena kamu akan benar-benar menendang tubuh lawan, tetapi karena kamu tiba-tiba menjadi lebih sadar akan semua hal mengagumkan yang dapat dilakukan oleh tubuhmu.

“Tubuh sering direduksi menjadi hiasan, terutama di media sosial, yang mana semua orang cantik dan fotogenik. Tapi Muay Thai mengajarkan kamu bahwa tubuhmu lebih dari itu: Ini adalah alat ekspresi", ungkap pelatih Muay Thai, Dan Roberts.

8 Kebiasaan Sederhana yang Membuat Anda Bahagia, Sudah Dilakukan?

Warna Pakaian Ini Bisa Datangkan Rasa Bahagia

5 Cara agar Tetap Bahagia di Tengah Orang-orang Negatif

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar