22 Terduga Teroris Jemaah Islamiah di Jatim Dikirim ke Jakarta

  Kamis, 18 Maret 2021   Praditya Fauzi Rahman
Sebanyak 22 terduga teroris Jemaah Islamiah diberangkatkan dari Mapolda Jatim ke Mabes Polri, Kamis (18/3/2021) pagi untuk mendapatkan proses hukum lebih lanjut. (Bidhumas Polda Jatim)
GAYUNGAN, AYOSURABAYA.COM -- Sebanyak 22 terduga teroris Jemaah Islamiah diberangkatkan dari Mapolda Jatim ke Mabes Polri, Kamis (18/3/2021) pagi.
 
Wakapolda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo mengatakan, ke-22 terduga teroris tersebut diduga bagian Jemaah Islamiah (JI) yang ditangkap di sejumlah wilayah di Jatim, mulai dari Bojonegoro, Malang, Surabaya, Sidoarjo, hingga Mojokerto.  
 
"Hari ini, 22 terduga teroris diberangkatkan dari rumah tahanan polda jatim ke Mabes
Polri dengan mendapatkan pengawalan ketat dari Densus 88. Mereka diberangkatkan ke Bandara Juanda menggunakan 2 bus Polda Jatim," kata Slamet.
 
Para terduga teroris yang ditangkap Tim Densus 88 sudah berada di Jatim 5 tahun terakhir. Selama itu, mereka melakukan kegiatan dengan merekrut anggota baru yang diketahui sudah mencapai 50 orang.
 
"Di jatim sudah 5 tahun dan kegiatannya mereka sudah diketahui, melakukan perekrutan anggota baru 50 orang," katanya.
 
Sebelumnya, Tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri telah menangkap 12 terduga teroris di 4 Kabupaten/ Kota di Jatim sejak 26 Februari 2021 lalu. Satu orang ditangkap di Mojokerto, satu di Malang, 2 di Kota Surabaya, dan 8 orang ditangkap di Kabupaten Sidoarjo.
 
Usai meringkus 12 terduga teroris, Tim Densus 88 Mabes Polri terus mengembangkan kasus tersebut. Dalam pengembangan, 2 Maret 2021 Tim Densus 88 Mabes Polri kembali menangkap para terduga teeroris lainnya. 
 
Ada 8 terduga teroris yang diamankan dari Malang, Bojonegoro, dan Surabaya. Jumlah terduga teroris yang ditangkap mencapai 22 orang dengan inisial sebagai berikut: , IE, HS, AR, BS, HAB, FA, FU, NA, SS, AY, TS, YA, RZ, BR, YP, EP, YT, AI, AS, RA, ZA, dan ME.
 
Seluruh terduga teroris yang telah diringkus Tim Densus 88 dititipkan di rumah tahanan Mapolda Jatim sejak 26 Februari 2021. Kamis (18/3/2021) ini, 22 terduga teroris diberangkatkan ke Mabes Polri untuk menjalani proses hukum lebih lanjut.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar