5 Makanan Sehat dan Alami Ini Ternyata Bisa Bikin Bau Mulut

  Sabtu, 20 Maret 2021   M. Naufal Hafizh
[Ilustrasi] Sejumlah makanan dan minuman sehat dan alami, meski menyehatkan, dapat membuat mulut bau, di antaranya bawang, kopi, dan jeruk. (Unsplash/Vino Li)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM – Sejumlah makanan dan minuman sehat dan alami, meski menyehatkan, dapat membuat mulut bau, di antaranya bawang, kopi, dan jeruk.

Menyadur dari Livestrong, di bawah adalah jenis makanan yang bisa membuat mulut bau:

1. Daging

Setelah makan steak mulutmu jadi bau? Menurut Amrita Patel, DDS, seorang dokter gigi di Broadway Cosmetic Dentistry, New York, hal itu disebabkan bakteri sangat suka dengan protein yang ada dalam daging. Saat protein tersebut dipecah oleh bakteri, akan menghasilkan senyawa amonia, penyebab mulut jadi berbau.

2. Ikan

Bau mulut setelah makan ikan gak hanya disebabkan kandungannya yang kaya protein. Namun juga adanya senyawa pada ikan yang disebut dengan trimetilamin (trimethylamine), yang bisa menempel pada mulut, menyebabkan bau.

Daftar Warga yang Pasti Tak Lolos Kartu Prakerja Gelombang 15, Anda Termasuk?

Pengumuman Kelolosan Prakerja Gelombang 15 Lewat 2 Cara Ini, Kapan Diumumkan?

Ingin Diet? 7 Minuman Enak, Alami, Segar, Ini Ampuh Usir Lemak Perut

3. Produk susu

Layaknya daging, bakteri pada mulut juga suka dengan protein yang ada pada produk susu. Menurut dr Patel, bakteri akan memakan asam amino yang terdapat pada susu dan keju yang kamu konsumsi, menyebabkan napas jadi bau.

4. Kopi

Ada beberapa alasan kenapa setelah minum kopi, mulut jadi bau. Komposisi kopi bersifat asam, dan kondisi asam itu sangat disukai oleh bakteri. Hal itu yang menyebabkan mulut jadi berbau.

Selain itu, menurut National Institutes of Health, minuman berkafein bisa membuat mulut jadi kering, sehingga produksi air liur berkurang. Kondisi mulut seperti ini sangat ideal bagi pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut, juga fungi.

5. Buah jeruk

Pasti nggak nyangka kan, kalau ternyata makan buah jeruk juga bisa bikin napas jadi bau. Dr Patel menjelaskan, layaknya kopi, jeruk juga bersifat asam, yang sangat disukai oleh bakteri pada mulut.

Ditambah lagi adanya gula penyebab rasa manis pada jeruk, yang jadi makanan bakteri penyebab bau mulut.

5 Buah-buahan yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

5 Makanan yang Meningkatkan Gula Darah Selain Makanan yang Manis

Mana yang Sebaiknya Dipilih Penderita Diabetes, Gula Merah atau Gula Putih?

Jika mengalami mulut bau setelah konsumsi makanan dan minuman di atas, kamu bisa atasi dengan menyikat gigi atau berkumur-kumur dengan air. Namun, ingat ya, jangan langsung sikat gigi setelah makan. Coba beri waktu setidaknya 30 menit untuk melindungi lapisan email gigi agar tidak rusak, demikian dilansir Suara.com.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar