Kebiasaan Baik, 5 Alasan Segera Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

  Senin, 22 Maret 2021   M. Naufal Hafizh
Meminum satu atau dua gelas air tepat saat bangun adalah cara yang baik untuk dengan cepat merehidrasi tubuh. (congerdesign dari Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Sedikitnya ada lima alasan, mengapa Anda harus segera minum air putih setelah bangun tidur di pagi hari. 

Semua organ dan jaringan tubuh bergantung pada kadar air agar berfungsi dengan baik, itulah sebabnya air putih merupakan nutrisi penting. Karenanya, cukup minum air putih sangat diperlukan.

Tubuh sendiri akan kehilangan air secara teratur, termasuk saat tidur malam. Tidak heran jika Anda akan merasa haus saat bangun keesokan harinya.

Itulah sebabnya, segera minum air putih saat bangun tidur sangat diperlukan.

Dilansir Business Insider, berikut alasan kita harus memulai hari dengan segelas air putih:

AYO BACA : Minum Kopi Sebelum Sarapan Membuat Kadar Gula Darah Melonjak

1. Membantu rehidrasi tubuh
Enam hingga 8 jam tidur yang direkomendasikan pakar untuk tidur malam adalah periode lama tanpa mengonsumsi air. Meminum satu atau dua gelas air tepat saat bangun adalah cara yang baik untuk dengan cepat merehidrasi tubuh.

"Kebanyakan orang minum kopi terlebih dahulu di pagi hari. Meskipun merupakan sumber antioksidan yang baik, tapi kopi juga menyebabkan dehidrasi. Anda bisa mengimbangi ini dengan air," kata Rania Batayneh, MPH, ahli gizi dan penulis The One One One Diet.

2. Meningkatkan tingkat kewaspadaan
"Salah satu indikator terbesar dari tubuh lesu atau kurang berenergi adalah tubuh mengalami dehidrasi. Karena air membantu dalam pengaturan tubuh dan fungsi otak, itu juga terkait erat dengan menyeimbangkan suasana hati kita," tutur Rania Batayneh.

Setelah berjam-jam tidak makan atau minum, hal pertama yang kita konsumsi saat pagi bisa mengejutkan tubuh. Jika hal pertama adalah air es, itu akan membuat tubuh bekerja dan dapat meningkatkan kewaspadaan serta kurangnya energi.

3. 'Bahan bakar' otak
Menurut Batayneh, dalam hal produktivitas harian, hidrasi sangat penting. Otak manusia terdiri atas 73% air jadi tetap terhidrasi sangat penting untuk menjaga aktivitas otak yang optimal.

AYO BACA : Hasil Undian Babak Semifinal Piala FA

"Ketika kita merasa lamban, itu akan tercermin dalam aktivitas pagi, produktivitas di tempat kerja, dan bahkan rutinitas bersama anak-anak."

4. Melawan penyakit
Selama tidur, tubuh dalam mode perbaikan dan pemulihan. Selama waktu ini, sistem kekebalan bekerja keras membersihkan racun dari tubuh.

Minum air yang cukup dapat mempercepat proses tubuh membersihkan racun-racun itu.

"Selain dari otak, sebagian besar bagian utama tubuh lainnya, seperti jantung, ginjal, dan paru-paru, adalah air, katanya. Sederhananya, tetap terhidrasi adalah bahan utama untuk tetap sehat."

5. Memulai metabolisme
Karbohidrat dan protein penting yang dikonsumsi setiap hari dimetabolisme dan diangkut melalui air ke seluruh tubuh. Memiliki jumlah air yang cukup dalam sistem tubuh akan membantu meningkatkan metabolisme dan membantu program diet.

"Ketika kita tidak cukup terhidrasi, kita bisa salah mengira haus dengan kelaparan, yang membuat kita makan lebih banyak," katanya.

AYO BACA : BMKG: Cuaca Surabaya Hari Ini Akan Hujan Petir di Malam Hari

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar