7 Ramuan Alami Pereda Nyeri Asam Urat, Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

  Senin, 22 Maret 2021   Andres Fatubun
Rebus jahe selama 10 menit dan minum 3 cangkir dalam sehari saat Anda mengalami serangan asam urat. ( silviarita dari Pixabay )

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM --  Pada saat kambuh, asam urat bisa menyebabkan rasa nyeri. Untuk bisa meredakan rasa nyeri tersebut, Anda bisa membuat ramuan alami dengan bahan-bahan yang tersedia di rumah.

Gout muncul karena penumpukan asam urat yang tinggi di dalam darah. Kemudian berakumulasi di sendi, menyebabkan inflamasi yang disertai rasa tak nyaman dan nyeri.

Beberapa bahan alami bisa menjadi obat asam urat. Dikutip dari suara.com (Jaringan ayo Media Network), berikut di antaranya.

1. Jahe
Jahe menjadi salah satu herbal yang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mudah ditemukan di rumah, jahe juga bisa jadi obat asam urat.

Anda bisa mengonsumsinya dengan merebus jahe selama 10 menit dan minum 3 cangkir dalam sehari saat Anda mengalami serangan gout.

AYO BACA : Minum Kopi Sebelum Sarapan Membuat Kadar Gula Darah Melonjak

2. Air hangat dengan cuka apel, jus lemon, dan kunyit
Campuran herbal antara cuka apel, jus lemon, dan kunyit sangat direkomendasikan sebagai obat asam urat. Selain itu, minuman ini juga memiliki rasa yang menyegarkan.

Campurkan air perasan setengah lemon ke dalam air hangat. Lalu campurkan dengan dua sendok teh kunyit bubuk dan satu sendok teh cuka apel, aduk dan sesuaikan rasanya, minum dua-tiga kali sehari.

3. Kompres hangat atau dingin
Bukan diminum, namun menggunakan kompres hangat atau dingin ke bagian yang terasa nyeri juga bisa jadi obat asam urat.

Beberapa studi merekomendasikan mengompres dingin atau merendam kaki ke dalam air dingin.

Merendam atau mengompres kaki dengan air hangat direkomendasikan apabila rasa nyeri atau inflamasi tidak terlalu intens.

AYO BACA : Kebiasaan Baik, 5 Alasan Segera Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

4. Apel
Apel mengandung asam malat yang bisa menurunkan asam urat. Sehingga membuat buah satu ini sebagai obat asam urat yang baik.

Konsumsilah satu buah apel per hari untuk kesehatan secara menyeluruh. Namun karena apel mengandung fruktosa, ingatlah untuk tidak berlebihan mengonsumsinya.

5. Pisang
Pisang disebut-sebut menjadi obat asam urat yang baik sebab kaya akan potasium yang bisa membantu jaringan dan organ dalam tubuh dapat berfungsi optimal.

Anda bisa mengonsumsi satu buah pisang dalam sehari untuk mendapatkan manfaatnya.

6. Garam epsom
Rekomendasi lainnya untuk obat asam urat adalah merendam tubuh dalam larutan garam Epsom.

Disebutkan karena kandungan kaya magnesium yang dimiliki garam tersebut bisa menurunkan risiko asam urat.

7. Air mineral
Minum cukup banyak air sangat penting bagi ginjal agar berfungsi dengan normal. Menjaga ginjal tetap sehat dapat mengurangi penumpukan asam urat dan serangannya.

Pastikan Anda tetap terhidrasi dengan air mineral sebagai obat asam urat alami Anda.

AYO BACA : Hasil Undian Babak Semifinal Piala FA

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar