[Cek Fakta] Bumi Dikeliling Arus Meteor, Waspada Ramadan 2021

  Jumat, 26 Maret 2021   Andres Fatubun
Ilustrasi. ( Родион Журавлёв dari Pixabay )

SURABAYA, AYOSURABAYA -- Sebuah video TikTok tentang bahaya ledakan meteor yang akan terjadi pada bulan ramadan viral di media sosial.

Video tersebut merupakan potongan dari berita TV One itu memperlihatkan meteor meledak di langit Inggris.

Dalam video TikTok itu, terdapat narasi sebagai berikut:

"PREDIKSI NASA!!
bumi sekarang di kelilingi arus meteor
WASPADA RAMADAN 2021”

Namun, apakah benar ada ledakan meteor berbahaya pada ramadan?

Penjelasan:
Video yang tayang pada kanal Youtub tvOneNews pada 2 Maret 2021 itu tidak menerangkan prediksi NASA tentang bahaya arus meteor pada ramadan.

Berita TVOne itu melaporkan penampakan meteor raksasa di langit Inggris dan terlihat seperti bola api. Penduduk Inggris yang memiliki kamera pengintai berhasil merekam momen tersebut. Penampakan itu pun menjadi viral.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyatakan masyarakat tidak perlu khawatir terhadap video yang beredar tersebut.

LAPAN menjelaskan arus meteor adalah serpihan komet dan biasa terjadi setiap tahun. Arus meteor itu berisi debu dan kerikil antariksa. Jika masuk ke atmosfer bumi, serpihan itu akan terbakar dan tampak sebagai hujan meteor.

Pada bulan ramadan, dua hujan meteor akan terjadi yaitu, Lyrid (22 April) dan Eta Aquarid (6 Mei). Kedua hujan meteor tersebut tidak berpotensi bahaya karena akan habis terbakar di atmosfer sebelum benda tersebut menyentuh bumi.

Meteor Lyrid menghujani langit malam setiap April selama 2.700 tahun. Kejadian tersebut akan kembali terjadi di April 2020 dan menjadi salah satu sorotan astronomi paling unik tahun ini. Hujan meteor Eta Aquarid terjadi pada setiap Mei.

Hujan meteor adalah kilatan butiran debu yang terbakar di atmosfer. Hujan meteor terjadi ketika Bumi melintasi jalur komet, yang meninggalkan debu di sepanjang orbitnya.

Kesimpulan: 
Klaim ledakan meteor berbahaya terjadi pada ramadan merupakan berita hoaks kategori disinformasi.

Disinformasi merupakan informasi yang tidak sesuai fakta yang sengaja dibuat untuk tujuan-tujuan tertentu. Disinformasi ini bisa membingungkan, menyesatkan, dan membahayakan publik.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar