Saat Kebakaran Pabrik Plastik di Tandes, Karyawan Sedang Istirahat

  Rabu, 31 Maret 2021   Praditya Fauzi Rahman
Sebuah pabrik palet plastik milik PT Yana Surya di Tandes, Surabaya, terbakar, Rabu (31/3/2021) siang sekira pukul 12.15 WIB. Saat kebakaran, para karyawan sedang beristirahat makan siang. (Ayosurabaya.com/Praditya Fauzi Rahman)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM – Sebuah pabrik palet plastik milik PT Yana Surya di Tandes, Surabaya, terbakar, Rabu (31/3/2021) siang sekira pukul 12.15 WIB. Saat kebakaran, para karyawan sedang beristirahat makan siang, demikian disampaikan Kanit Reskrim Polsek Tandes, Iptu Gogot Purwanto.

"Sekitar 20-30 karyawan sedang tidak di pabrik, sedang istirahat. Pas balik tahu-tahu api sudah besar," katanya.

Gogot mengatakan, kebakaran diketahui pertama kali oleh 2 karyawan yang kembali ke pabrik lebih awal. Saat kembali, keduanya mengetahui si jago merah sudah melahap pabrik dan gudang palet berbahan plastik itu.

Gogot mengaku belum mengetahui pasti total berapa KK yang terdampak dalam kejadian itu. Namun, dia memastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian nahas itu.

"Berdasarkan data kami, masih belum ada warga atau korban yang terluka, yang pasti sudah dievakuasi semua, termasuk barang-barangnya," ujarnya.

Dampak Kebakaran

Akibat kebakaran di Tandes tersebut, lalu lintas hanya dibuka 1 arah, hanya di sisi selatan, dari arah timur (Diponegoro) menuju ke arah barat (Benowo).

Kemacetan akibat kebakaran tersebut diperkirakan sampai 1,5 KM ke arah timur dan barat.

Kesaksian Warga

Ketua RW 01, Kelurahan Karangpoh, Kecamatan Tandes, Kota Surabaya, Supii mengatakan, kebakaran terjadi sekira pukul 12.00 WIB.

Dia belum tahu penyebab pasti kebakaran tersebut. Saat warga mengetahui, kebakaran sudah melebar dan sempat menyambar rumah warga dengan nomor rumah 14.

"Yang kebakar itu gudang dan pabrik, Mas," katanya kepada awak media.

Dia menyebut kebakaran terjadi di pabrik dan gudang karung plastik di Jalan Karang Poh Nomor 1, Surabaya.

Salah seorang warga yang merupakan pengelola kos di balik lokasi kebakaran, Fahrul, mengaku api cepat membesar.

"Saya tidak tahu penyebabnya apa, tadi sekitar pukul 12.00 WIB saya lihat api. Lalu saya suruh keluar semua awak penghuni kos dan warga sekitar. Orang-orang juga tidak tahu penyebabnya apa. Yang pasti tadi api cepet besarnya," katanya kepada Ayosurabaya.com, di sekitar lokasi kejadian.

Sementara itu, warga di sekitar lokasi kebakaran mengevakuasi sejumlah barang di rumah masing-masing. Salah satunya Ira, pemilik kios warung kopi di Jalan Tandes Nomor 12 A, Kota Surabaya.

"Saya angkuti semua, Mas. Takut kena (sambar api). Mumpung masih ada yang bisa diselamatkan. Saya ambil sama anak saya," katanya.

Dia mengatakan, “Saya tadi lihat api udah besar, gak tahu penyebabnya apa. Tadi abis Salat Zuhur, tiba-tiba api sudah besar banget,” katanya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar