Hingga Pukul 15.30 WIB, Api Kebakaran Tandes Belum Padam

  Rabu, 31 Maret 2021   Praditya Fauzi Rahman
Sebuah pabrik dan gudang palet di Jalan Raya Tandes 208 dan Karangpoh 1 Surabaya terbakar pada Rabu (31/3/2021) sekitar pukul 12.00 WIB. (ayosurabaya/Praditya Fauzi Rahman)

TANDES, AYOSURABAYA.COM -- Si Jago Merah melahap sebuah pabrik dan gudang palet di Jalan Raya Tandes nomor 208 dan Karangpoh 1 Surabaya pada Rabu (31/3/2021) siang sekitar pukul 12.00 WIB. Hingga pukul 15.20 WIB, kepulan asap hitam pekat masih menyelimuti area tersebut. 

Ketika ayosurabaya.com berada di lokasi, ada sekitar ratusan petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Surabaya yang diterjunkan. Puluhan mobil damkar berbagai jenis pun disiagakan termasuk dua mobil Bronto Skylift yang biasanya diturunkan saat terjadi kebakaran besar. 

Ketua RW 01, Kelurahan Karangpoh, Kecamatan Tandes, Kota Surabaya, Supi'i mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 12.00 WIB. Ia langsung ke lokasi begitu melihat ada kepulan asap, kobaran api, dan teriakan warganya. 

Supi'i mengaku belum mengetahui penyebab pasti kebakaran tersebut. Ketika ia tiba di lokasi, kebakaran sudah melebar dan sempat menyambar beberapa rumah warga. 

"Yang kebakar itu gudang dan pabrik plastik, Mas," katanya kepada awak media di sisi selatan gudang, Rabu (31/3/2021). 

Ia menyebut, kebakaran tak hanya terjadi di pabrik dan gudang untuk palet plastik di Jalan Karangpoh nomor 1, tapi juga Raya Tandes nomor 208 Surabaya. Selain itu, rumah warganya, yakni di Jalan Raya Tandes nomor 14 juga terdampak kebakaran itu. 

Berdasarkan pantauan, nyala api sempat merembet ke sisi utara, mendekati SPBU Pertamina. Beruntung, SPBU tersebut belum beroperasi semenjak kejadian kebakaran beberapa waktu lalu. 

Hingga kini, belum diketahui pasti apakah ada korban jiwa maupun luka akibat kebakaran tersebut. Warga sekitar lokasi kebakaran pun mengantisipasi kebakaran dengan mengevakuasi barang-barang dibantu polisi, linmas, TNI, hingga Satpol PP Kota Surabaya. 

Sayangnya, warga sekitar dan pengendara yang melintas sempat menyulitkan proses pemadaman. Mereka memenuhi bahu jalan yang mengakibatkan kemacetan dan tak sedikit pula masyarakat yang mengabadikan momen menggunakan smartphone tapi abai keselamatan. 

Hingga pukul 15.30 WIB, sejumlah petugas kebakaran masih berupaya memadamkan api pokok yang masih berkobar dan mengeluarkan kepulan asap putih pekat. Sejumlah unit water supply juga ditambah untuk memberikan support air petugas yang memadamkan api di bagian pabrik palet plastik itu.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar