Truk Kontainer Tabrak Puluhan Motor hingga Terpental di Lampu Merah Menganti Surabaya?

  Kamis, 01 April 2021   M. Naufal Hafizh
Benarkah ada truk kontainer yang menabrak puluhan orang hingga terpental ke berbagai arah di lampu merah Menganti Surabaya? (Istimewa)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM – Benarkah ada truk kontainer yang menabrak puluhan orang hingga terpental ke berbagai arah di lampu merah Menganti Surabaya?

Sebelumnya, pada 30 Maret 2021 mengunggah, Akun Facebook FiraFerndika mengunggah sebuah video yang memperlihatkan sebuah truk kontainer menabrak puluhan pengendara motor yang sedang berhenti di persimpangan lampu merah dengan disertai tulisan dalam video “di Menganti Surabaya”.

Namun, setelah ditelusuri, truk kontainer yang menabrak puluhan motor hingga terpental ke berbagai arah itu tidak terjadi di Menganti Surabaya.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Turnbackhoax.id, adanya video sebuah truk kontainer menabrak puluhan pengendara motor yang diklaim terjadi di Menganti, Surabaya, merupakan klaim yang menyesatkan.

Faktanya, bukan di Menganti, Surbaya. Kejadian kecelakaan di video itu terjadi di Distrik Ben Luc, Provinsi Long An, Vietnam, pada 2 Januari 2019.

Dilansir dari Tempo, Tempo menemukan video tersebut pernah diunggah ke situs database GIF, Gfycat, pada 22 Januari 2019.

Video itu bersumber dari YouTube. Namun, di YouTube, video ini telah dihapus. Dalam keterangannya yang ditulis dalam bahasa Vietnam, tertulis bahwa video itu menunjukkan truk kontainer yang menabrak lebih dari 20 pengendara motor yang berhenti di sebuah persimpangan di Long An. Long An merupakan salah satu provinsi di Vietnam.

Video yang sama juga ditemukan di situs berbahasa Turki, Mynet.com. Menurut situs ini, video itu menunjukkan truk kontainer yang remnya blong yang menabrak 20 pengendara motor di sebuah persimpangan lampu merah. Menurut pejabat polisi Vietnam, Kolonel Nguyen Van Duc, akibat kecelakaan truk tersebut, tiga pengendara motor tewas. Sementara pengemudi truk itu melarikan diri dari lokasi kejadian, walaupun akhirnya tertangkap.

Selain itu, dilansir dari video berjudul “Viral Video Kecelakaan Maut Truk Kontainer Tabrak Sejumlah Pengendara di Vietnam” yang diunggah oleh kanal Youtube TRIBUNWOW OFFICIAL pada 4 Januari 2019, diketahui, insiden tersebut terjadi pada Rabu (2/1/2019) di persimpangan Binh Nhut, Ben Luc.

Dikutip dari TribunSumsel yang melansir laman SOHA, Kepala Departemen Keselamatan Lalu Lintas Provinsi, Phung Van On mengatakan, kecelakan maut tersebut dinilai kejadian paling serius yang pernah terjadi di wilayah itu.

Akibat kejadian ini, empat orang meninggal dunia, 20 luka-luka dan 21 sepeda motor rusak. Identitas sang sopir pun telah diketahui, dan polisi masih melakukan pengejaran terhadap sopir tersebut. Dikutip dari Tribun Jakarta melansir laman Vnexpess, Sopir tersebut bernama Pham Thanh Hieu (32) warga Thanh Duc, Ben Luc, Long An.

Dengan begitu, unggahan truk kontainer yang menabrak puluhan orang hingga terpental ke berbagai arah di lampu merah Menganti Surabaya adalah konten yang salah.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar