Khasiat Teh, Kontrol Gula Darah hingga Cegah Berat Badan Naik

  Kamis, 01 April 2021   M. Naufal Hafizh
[Ilustrasi] Khasiat Teh, Kontrol Gula Darah hingga Cegah Berat Badan Naik. (Pixabay)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COMĀ -- Teh kaya manfaat untuk kesehatan. Bahkan beberapa di antaranya, seperti teh hitam dan teh hijau, dapat membantu menurunkan berat badan hingga menangkal penyakit kronis.

Berikut ini beberapa manfaat teh jika kita meminumnya dengan rutin bahkan untuk fungsi kekebalan tubuh, seperti yang dilansir laman Eat This.

1. Tingkatkan kekebalan tubuh

Kebanyakan teh mengandung polifenol, sejenis antioksidan yang terbukti dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Menurut Harvard Health, polifenol ini dapat membantu menurunkan risiko penyakit seperti diabetes dan bahkan penyakit kardiovaskular.

Antioksidan juga merupakan kunci untuk fungsi kekebalan. Menurut Penn Medicine, teh bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh, yang merupakan kunci untuk menangkal jenis penyakit ini.

Kandungan polifenol teh ditemukan di semua jenis teh, termasuk teh hitam dan teh hijau yang populer. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Current Pharmaceutical Design, selain berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kandungan ini juga mengurangi risiko penyakit kronis.

2. Kontrol gula darah

Gula darah penting untuk dikontrol dalam pengawasan sistem tubuh yang sehat dan menurunkan kolesterol. Dengan menjaga gula darah tetap terkendali melalui makan dan olahraga yang lebih sehat, kita dapat menurunkan kolesterol "jahat" LDL, yang terkait dengan penyakit kronis.

Meskipun makan sehat dan olahraga masih merupakan praktik yang baik untuk mengontrol gula darah, dengan menambah untuk minum teh secara rutin, maka dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Sebagai ketidakseimbangannya dapat membantu sistem kekebalan.

4 Cara Sederhana Hindari Nyeri Asam Urat yang Tak Tertahankan

Semua Pemilik E-KTP Dapat Bantuan Rp3,5 Juta dari Pemerintah?

Cara Alami Turunkan Gula Darah dengan Jambu Biji

Ingin Diet? 7 Minuman Enak, Alami, Segar, Ini Ampuh Usir Lemak Perut

Hal itu karena tanaman yang membuat beberapa varietas yang mengandung senyawa yang dapat membantu mengurangi peradangan dan kadar gula darah, menurut penelitian yang diterbitkan oleh Molekul. Riset Gizi juga menerbitkan sebuah studi yang menunjukkan bagaimana kondisi udara yang berkurang dapat memperburuk kadar glukosa bagi penderita diabetes.

Dengan meminum lebih banyak teh, yang merupakan cara mudah untuk meningkatkan asupan udara, ini akan membantu upaya kita secara keseluruhan untuk menjaga kadar gula darah yang sehat.

3. Membantu menjaga berat badan

Meskipun mengganti minuman manis dengan teh atau kopi hitam bisa menjadi cara mudah untuk mengurangi kalori, dan menurunkan berat badan, ada teh tertentu yang telah terbukti secara ilmiah membantu menurunkan berat badan dan manajemen berat badan, dan itulah teh hijau.

Menurut jurnal Physiology & Behavior, teh hijau terbukti membantu partisipan menurunkan berat badan dalam masa percobaan 12 minggu. Itu karena pengeluaran energi dan oksidasi lemak yang berasal dari antioksidan dalam teh hijau.

Dengan menurunkan berat badan dan mengurangi peradangan tubuh yang dapat terjadi dengan pola makan makanan inflamasi yang buruk, maka sistem kekebalan akan merespons dengan cara yang positif. Sebuah artikel yang diterbitkan oleh Obesity in Action menyatakan bahwa orang yang berjuang melawan berat badan akan melihat tanggapan kekebalan dan fungsi kekebalan yang terganggu yang dapat menyebabkan peningkatan tingkat infeksi.

Artinya, dengan meminum teh dan mengambil langkah-langkah untuk hidup yang lebih sehat, kita cenderung mengalami peningkatan kekebalan karenanya.

9 Tanda Bahwa Dia Cinta Sejatimu

13 Tanda Pacarmu Jatuh Cinta kepada Sahabatmu

5 Alasan Kamu Harus Segera Hapus Foto Mantan Usai Putus

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar