Minum Kopi Sebelum Sarapan Bikin Berat Badan Naik?

  Jumat, 02 April 2021   M. Naufal Hafizh
[Ilustrasi] Minum Kopi Sebelum Sarapan Bikin Berat Badan Naik? (Pixabay)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM – Minum kopi saat pagi sebelum sarapan bagi sejumlah orang dapat meningkatkan energi dan fokus. Kopi pun mengandung sejumlah senyawa yang baik bagi jantung jika dikonsumsi dalam porsi yang tepat. Namun, saat kopi diminum sebelum sarapan, apakah akan menyehatkan atau membahayakan?

Ahli Gizi, Carlyn Rosenblum, sangat tidak menyarankan minum kopi sebelum sarapan. Hal ini bisa merusak usus dan memengaruhi tingkat gula darah.

Kopi, Pisang, dan 4 Makanan Alami Ini Bisa Tingkatkan Energi!

Ini 2 Waktu Terbaik untuk Minum Kopi agar Khasiatnya Optimal

"Ada beberapa alasan mengapa kopi bukan hal pertama yang baik di pagi hari, terutama bagi wanita," kata Rosenblum, melansir PureWow, Selasa (7/7/2020).

Minum kopi saat pagi sebelum sarapan dapat meningkatkan kortisol. Hal ini dapat berdampak negatif pada ovulasi, berat badan, dan keseimbangan hormon.

"Minum kafein di pagi hari bisa menumpulkan produksi hormon dan menggeser waktu siklus," ujar Rosenblum.

Ingin Diet? 7 Minuman Enak, Segar, dan Alami Ini Ampuh Usir Lemak Perut

Agar Diet Sukses, 4 Hal Ini Jangan Dimakan usai Pukul 4 Sore

Menu Diet Sehat, Rutin Sarapan 2 Telur Bisa Turunkan Berat Badan

Hal ini dapat menyebabkan seseorang memproduksi kortisol pada waktu ketika biasanya akan turun (seperti saat malam). Studi juga menunjukkan bahwa mengonsumsi kafein ketika kortisol tinggi sebenarnya dapat menyebabkan Anda memproduksi lebih banyak kortisol.

Kortisol memang diperlukan untuk kesehatan. Namun, ketika kita terus-menerus stres, tubuh kita terus memproduksi kortisol maka dapat menyebabkan peningkatan gula darah, yang kemudian mengarah pada peningkatan produksi hormon insulin. Kelebihan kortisol dapat menyebabkan efek seperti penambahan berat badan, masalah tidur, dan respons imun yang terganggu.

Minum kopi saat perut kosong kala pagi juga dapat membuat masalah kesehatan usus. Berdasarkan studi, kopi memengaruhi mikrobioma usus, dan merangsang produksi asam di lambung.

Jika seseorang rentan terhadap refluks asam atau masalah GI lainnya, ada baiknya memperhatikan gejala ini. Kemudian lihatlah peran kopi yang memperburuk keadaan.

7 Dampak Negatif Makan Siang Sambil Bekerja

Bagus untuk Diet, 5 Menu Sarapan Ini Cepat Turunkan Berat Badan!

Diet dengan Jeruk Nipis, Efektifkah?

Rosenblum merekomendasikan untuk menyantap sarapan yang kaya akan kalsium, seperti yoghurt, almond, bayam, kangkung atau biji chia, untuk membantu menetralkan keasaman kopi dan asam lambung. Dia juga mencatat bahwa minuman dingin memiliki asam sekitar 70 persen lebih sedikit daripada kopi panas.

Sebaiknya, seruputlah secangkir kopi setelah sarapan, antara pukul 9.30 pagi dan siang. Pada titik itu, kopi benar-benar akan memberi memberikan manfaat dan menjadi penyemangat.

Sarapan Telur Cepat Turunkan Berat Badan, Cocok untuk Menu Diet!

Ini Jam Sarapan, Makan Siang, dan Makan Malam agar Diet Berhasil!

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar