Polisi Tangkap 2 Terduga Teroris di Jatim Jumat Pagi, Jaringan JAD dan JI

  Jumat, 02 April 2021   Praditya Fauzi Rahman
Ilustrasi penangkapan terduga terosis. (ayosurabaya)

GAYUNGAN, AYOSURABAYA.COM -- Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Gatot Repli Handoko membenarkan perihal penangkapan terduga teroris yang dilakukan oleh Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri di Kota Surabaya. Gatot mengungkapkan, sebenarnya ada 2 terduga teroris yang dibekuk di Jatim pada Jumat (2/4/2021) pagi.

Data yang diperoleh AyoSurabaya.com menyebutkan, terduga teroris yang diamankan Tim Densus 88 di kawasan Simo Pomahan, Kota Surabaya berinisial S (41). 1 terduga lainnya, yakni berinisial A alias R (42) ditangkap di Purboyo Mayangsekar, Kabupaten Tuban, Jatim.

Gatot menegaskan, kedua terduga teroris ditangkap secara bersamaan pada Jumat pagi (2/4/2021). Tapi, keduanya memiliki jaringan yang berbeda.

\"Namun, kedua terduga teroris ini dari dua jaringan yang berbeda,\" kata Gatot kepada awak media saat dijumpai di Ruang Bidhumas Polda Jatim, Jumat (2/4/2021).

Gatot menuturkan, S berasal dari jaringan Jamaah Islamiyah (JI). Sedangkan, A alias R, merupakan jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD).

AYO BACA : Wakil Ketua Komisi III DPR Minta Polisi Tangkap Pengemudi Fortuner Arogan yang Acungkan Senjata Api

\"Untuk S, jaringan JI. A alias R, jaringan JAD,\" tuturnya.

Gatot menegaskan, kedua terduga teroris yang dibekuk di 2 daerah itu tak ada kaitannya dengan teroris yang melakukan pengeboman di sebuah gereja di Makassar. Pun dengan di Mabes Polri beberapa waktu lalum

\"Tidak ada kaitannya dengan teroris atau pelaku bom bunuh diri di Makassar dan pelaku penembakan di Mabes Polri,\" ujar dia. 

Sebelumnya, Tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri menangkap seorang terduga teroris di Jalan Simorejo Sari A RT.04, RW.06, Kelurahan Simomulyo, Kecamatan Sukomanunggal, Kota Surabaya. Saat itu, tim Densus 88 melakukan pengamanan terhadap S didampingi pengamanan ketat dari Polsek setempat dan Polrestabes Surabaya

Penangkapan serupa juga dilakukan di Purboyo Mayangsekar, Kabupaten Tuban. Saat itu, petugas melakukan penggeledahan rumah kedua terduga teroris di waktu yang hampir bersamaan.

AYO BACA : Setelah Menikahi Aurel Hermansyah, Atta Halilintar Takut dengan Hal Ini

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar