Tarawih dan Tadarus saat Ramadan Sudah Diperbolehkan atau Belum ?

  Minggu, 04 April 2021   Praditya Fauzi Rahman
AYO BACA : Gelombang 17 Dibuka Kapan Ya?

AYO BACA : BMKG: Waspada, Wilayah yang Berpotensi Hujan Sangat Lebat Sepekan ke Depan

GAYUNGAN, AYOSURABAYA.COM -- Dewan Masjid Indonesia (DMI) telah mengeluarkan Edaran Ke-VIII terkait Maklumat Penyelenggaraan Ibadah Ramadan 1442 Hijriah atau 2021 Masehi mendatang. Dalam Edaran yang ditandatangani Ketua Umum DMI, Jusuf Kalla itu, berisi instruksi dibentuknya Tim Relawan Siaga Ramadan. Begitu juga dengan aturan aktivitas di masjid-masjid.
 
Ketua DMI Jatim, KH Roziqi menanggapi perihal tersebut. Ia menegaskan segera melaksanakan edaran itu. 
 
Menurutnya, dalam kondisi pandemi Covid-19, masih sangat penting menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat, di rumah ibadah sekalipun. Oleh karena itu, ia mengimbau kepada jemaah mushola atau masjid untuk wajib menerapkan prokes saat beribadah.
 
"Yang penting, prokesnya diperhatikan. Kegiatan di mushola dan masjid kita imbau, supaya melaksanakan seperti biasanya," katanya, Minggu (4/4/2021). 
 
Roziqi mengungkapkan, jangan sampai ada masjid dan mushola yang tak mengadakan kegiatan selama Ramadan. Ia mempersilakan untuk menggelar ibadah seperti tahun sebelumnya, namun dengan prokes ketat, baik saat Tarawih, maupun Tadarus. "Yang penting, prokes kita (jaga)," ujar dia.
 
Roziqi mengapresiasi penguatan imun yang terus dilaksanakan pemerintah dalam memvaksinasi Covid-19 para pengurus masjid di Masjid Al-akbar Surabaya sebelumnya. Sebab, sekitar 600 orang lebih dipastikan telah memperoleh vaksinasi tersebut.
 
"Kemudian, kabupaten/kota dan teman-teman DMI sudah ada kegiatan, dengan koordinasi satgas (satuan tugas) masing-masing," tuturnya. 
 
Kiai Roziqi mengimbau, untuk para imam, takmir, hingga marbot untuk tak menolak vaksinasi Covid-19. Pasalnya, Badan Pengurus Obat dan Makanan (BPOM) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah memastikan bahwa vaksin yang didatangkan tersebut aman dan halal. 
 
"InsyaAllah, teman-teman DMI akan mengimbau takmir dan imam, persiapan Ramadan ini," tutupnya.

AYO BACA : Polisi: Senpi yang Diacungkan Pengemudi Fortuner Ilegal

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar