Profil Jackie Chan, Nama Asli hingga Skandal Cinta

  Selasa, 06 April 2021   M. Naufal Hafizh
Profil Jackie Chan, Nama Asli hingga Skandal Cinta. (instagram/jackiechan)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Jackie Chan berulang tahun yang ke-67 pada 7 April 2021. Inilah profil Jackie Chan secara singkat, mulai dari nama aslinya, karier film, hingga skandal cintanya.

Keluarga Jackie Chan

Jackie Chan lahir di Victoria Peak, Hong Kong, 7 April 1954. Jackie Chan adalah tokoh terkenal dalam seni bela diri kung fu dan seorang aktor layar lebar dunia. Dia terkenal dengan aksi akrobatik di berbagai film.

Selain itu, aktor laga ini memiliki banyak sekali inovasi profesi, tak hanya sebagai aktor, tapi juga penulis naskah, sutradara, dan produser.

Aktif sejak tahun 1970-an, total film Jackie Chan sudah lebih dari 100 judul film. Dia juga memenangkan penghargaan Hong Kong Avenue Of Stars. Nama Jackie Chan tercatat pula di Hollywood Walk of Fame.

Latar Belakang Jackie Chan

Jackie Chan lahir dari pasangan Charles dan Lee-lee chan. Dia terlahir dengan nama asli Chan Kong-sang.

Orang tuanya bekerja di distrik Victoria Peak, Kantor Kedutaan Perancis untuk Hongkong.

Pada saat itu, Jackie Chan sekolah di Nah-Hwa Primary School daratan Hong Kong. Pada 1960, ayahnya migrasi ke Canberra Australia dan bekerja sebagai juru masak untuk kedutaan Amerika. Di sini, Jackie Chan masuk sekolah Dickson College.

Adapun asal-usul panggilan Jackie muncul saat dirinya tinggal di Australia. Di sana, dia sekolah sambil bekerja menjadi buruh kontruksi. Saat itulah hadir julukan "Little Jack" gara-gara teman kerjanya kesulitan mengucapkan nama Kong-sang.

Karier Film Jackie Chan

Di umur 8 tahun, Jackie Chan tampil di film Big and Little Wong Tin Bar (1962). Setelah itu, masih mendapatkan peran kecil di film Kung Hu dan Come Drink With Me 1966.

Debut Jackie Chan yang membuatnya terkenal ialah film Snake In The Eagle's Eye tahun 1978. Film ini merupakan sebuah film kung fu komedi dan menjadi karya terbaik menurut penonton dari Hong Kong.

Setelah itu, Jackie Chan berkiprah di perfilman dengan genre komedi laga sampai dia memutuskan lebih banyak di belakang layar. Jackie Chan juga terkenal di Hollywood. Film pertama yang melibatkannya sebagai bintang ialah Battle Creek.

Jackie Chan mulai memproduksi filmnya sendiri tahun 2016. Film produksi pertamanya berjudul Skiptrace.

Skandal Kehidupan Pribadi Jackie Chan

AYO BACA : Jackie Chan Dikabarkan Meninggal, Besok Dia Ulang Tahun, Usianya 67

Jackie Chan menikahi Lin Feng Jiao, aktris Taiwan dan punya seorang anak bernama Jaycee Chan. Sekarang anak laki-laki Jackie Chan ini terkenal sebagai penyanyi dan aktor.

Tahun 1999, Jackie Chan mengakui skandal affair dengan pemenang Miss Asia Pageant 1990, Elaine Ng. Keduanya bahkan dikaruniai seorang anak perempuan.

Selain dengan Elaine, Jackie Chan juga dihubung-hubungkan dengan artis dan penyanyi Taiwan Teresa Teng dan Anita Mei.

Demikian sekelumit profil Jackie Chan, aktor laga terkenal dari Hong Kong.

Dikabarkan Positif Covid-19 dan Meninggal 

Jackie Chan pernah dikabarkan meninggal akibat serangan jantung? Namun hingga hari ini dia masih hidup dan besok, Rabu, 7 April 2021, dia ulang tahun dan berusia 67 tahun.

Kabar itu beredar tahun 2011 lalu. Namun, melalui Facebook resminya, aktor laga itu menegaskan bahwa dia masih hidup.

"Jackie masih hidup dan sehat," tulisnya di halaman Facebook, dikutip dari People.com.

 "Dia tidak menderita serangan jantung dan meninggal, seperti yang dilaporkan di banyak situs jejaring sosial dan laporan berita online."

Chan lalu mengunggah foto dirinya dengan tanggal 29 Maret saat bertemu dengan pejabat tinggi Jepang di situsnya, dengan keterangan foto, "Jackie bertemu dengan Yuji Kumamaru, Konsul Jenderal Jepang di Hong Kong untuk membicarakan detail ‘Love Without Borders 3/11 Candlelight Gala’, yang akan memberi keuntungan pada korban gempa bumi dan tsunami di Jepang.”

Selain dikabarkan meninggal, Jackie Chan juga pernah diisukan positif Covid-19.

Salah satu akun yang menyebarkan isu tersebut adalah akun Movie Community yang mengunggah foto Jackie Chan dan menuliskan narasi sebagai berikut:

“Jackie Chan Dikabarkan Dikarantina Karena Terinfeksi Corona

AYO BACA : Jackie Chan Dikabarkan Meninggal, Besok Dia Ulang Tahun, Usianya 67

Kabar kurang sedap datang dari salah satu aktor kenamaan asal Hong Kong, Jackie Chan. Aktor laga legendaris ini dikabarkan dikarantina karena terinfeksi virus corona.

Sejumlah media Hongkong dan Tiongkok menyebutkan bahwa aktor 65 tahun tersebut terjangkit virus corona karena ikut dalam sebuah pesta pribadi dengan beberapa anggota polisi, di mana beberapa di antaranya telah terindikasi mengidap virus mematikan tersebut".

Benarkah Jackie Chan terijangkit virus corona dan menjalani karantina?

Penjelasan

Dari penelusuran Turnbackhoax.id, Minggu (1/3/2020), kabar Jackie Chan terinfeksi virus mematikan tersebut berawal dari kemunculan sebuah video yang menampilkan Jackie Chan sedang berpesta bersama petugas kepolisian Hong Kong beberapa waktu lalu.

Pada 21 Februari 2020, muncul pemberitaan kepolisian Hong Kong mengonfirmasi ada sebanyak 59 petugas dikarantina setelah menghadiri sebuah pesta pensiun. Alasannya, dalam pesta tersebut ada seorang polisi berusia 48 tahun yang terinfeksi virus corona.

Informasi tersebut memantik pendapat di media sosial bahwa Jackie Chan juga diduga menjalani karantina karena berada di pesta yang sama.

Setelah diselidiki, pesta tersebut ternyata berada di dua tempat berbeda. Polisi yang terinfeksi virus corona berada di restoran seafood dan angsa panggang di Distrik Barat Hong Kong. Sementara, Jackie Chan berada di Yau Yat Chuen Garden City Club di Kowloon.

Sementara itu, Jackie Chan melalui akun Instagram miliknya membantah desas desus virus corona. Ia memastikan saat ini kondisinya dalam keadaan sehat.

"Pertama, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengatakan 'terima kasih' atas perhatian semua orang. Aku sangat sehat dan aman dan belum dikarantina. Aku telah menerima banyak pesan dari teman-teman yang menanyakan apakah aku baik-baik saja. Cinta dan perhatianmu sangat mengharukan."

Kesimpulan

Kabar Jackie Chan terinfeksi virus corona dan dikarantina tidak benar. Kabar tersebut masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

Itulah sekilas tentang profil Jackie Chan, isu-isu kematian, kesehatan, hingga karier filmnya. Selamat ulang tahun, Chan Kong-sang!

AYO BACA : Jackie Chan Dikabarkan Meninggal, Besok Dia Ulang Tahun, Usianya 67

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar