Pemkab Banyuwangi Dinobatkan sebagai Pemda dengan Pengelolaan Media Sosial Terbaik se-Jatim

  Rabu, 07 April 2021   Andres Fatubun
Salah satu postingan di instagram Pemkab Banyuwangi. (banyuwangi_kab)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Panitia Beritajatim Media Digital Award 2021 mengumumkan 10 pemerintah daerah kota/kabupaten di Jawa Timur yang mengelola media sosial terbaik. 

Dari 38 pemerintah kota/kabupaten, Pemkab Banyuwangi mendapatkan posisi pertama. 

Apresiasi kepada pemerintahan daerah ini dilakukan atas kerja sama beritajatim dan Ayo Media Network.

Manajer Marketing Ayo Media Network, Arfian Jamul, yang merupakan salah satu juri dalam penghargaan ini menjelaskan bahwa media sosial adalah platform dua arah yang bisa menghubungkan antara pemeritah daerah dengan warganya. 

“Ada unsur interaktif dalam media sosial dan dalam penilaian ini kami mengukur kualitas konten yang diunggah sera kuantitas follower,” jelas Arfian, Selasa 6 April 2021. (6/4/2021).

Dia menambahkan, dalam memantau media sosial tersebut keterlibatan sebagai follower pun dinilai. Seberapa aktif follower berinteraksi dengan memberikan like dan komentar.

“Kami melihat followernya apakah aktif atau tidak, follower-nya beli atau murni organik, pemenangnya adalah akun-akun yang dikelola secara baik, warganya berkomentar dan berinteraksi tidak kaku,” tambah Alfian.

Beberapa aspek penilaian yang lain adalah seberapa jauh keterlibatan dari warga (engagement), menjangkau banyak orang (reach), serta berbagi (shareable). 

Sementara Direktur Pemberitaan Ayo Media Network, Rahim Asyik, menjelaskan media sosial sangat penting bagi pemerintah daerah dalam menyosialisasikan program yang sedang dan akan dijalankan. Selain itu, media sosial dinilai efektif sebagai media untuk menerima masukan atau kritikian dari warga.

Penghargaan ini diberikan dalam rangka HUT ke-15 beritajatim.com

Semakin Bersemangat

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, yang hadir dalam pemberian penghargaan secara virtual tersebut mengungkapkan terima kasih.

“Terima kasih kepada beritajatim.com yang memberi penghargaan kepada kami. Ini salah satu penghargaan yang membuat kami tambah semangat. Media sosial merupakan cara kami dalam rangka mengabarkan kepada teman-teman, masyarakat di Banyuwangi, daerah lain maupun di dunia. Media sosial sudah lama kita gunakan untuk promosi. Sebuah daerah tidak akan ada artinya tanpa promosi. Melalui media sosial salah satu cara kami untuk promosi,” ungkap Ipuk saat menerima penghargaan via daring.

Menurut Ipuk, melalui media sosial masyarakat dapat melihat langsung apa yang dikerjakan daerah. Warga juga dapat berperan langsung dan memberi andil untuk berpartisipasi.

“Ini cara kami untuk melakukan beberapa fungsi, seperti pengawasan publik, transparansi sekaligus tanggung jawab kepada masyarakat. Selanjutnya, masyarakat juga bisa memberikan masukan, kritikan, bahkan pujian kepada kami,” tandasnya.

Berikut adalah 10 Pemerintah Daerah Kota/Kabupaten di Jatim dengan pengelolaan media sosial terbaik. 
1. Kabupaten Banyuwangi
2. Kota Surabaya
3. Kota Malang
4. Kabupaten Tuban
5. Kabupaten Blitar
6. Kabupaten Bojonegoro
7. Kabupaten Lumajang
8. Kabupaten Pacitan
9. Kabupaten Sidoarjo
10. Kabupaten Situbondo

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar