Curi Motor Bersama, Pemuda 19 Tahun Ditangkap, Paman Kabur

  Rabu, 07 April 2021   Praditya Fauzi Rahman
MCA (19), saat dihadirkan dalam konferensi pers di Polsek Sukomanunggal, Surabaya, Rabu (7/4/2021).

SUKOMANUNGGAL, AYOSURABAYA.COM -- Polsek Sukomanunggal Surabaya meringkus seorang pria berinisial MCA, warga Kalianak, Surabaya, yang terbukti mencuri motor.

MCA melancarkan akisnya bersama pamannya, WYD. Pemuda berusia 19 tahun itu mengaku bertugas membantu dan mengawasi pamannya sebagai eksekutor pencurian sepeda motor.

Sayangnya, MCA yang ditangkap, pamannya hingga kini masih buron dan sudah masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Unit Reskrim Polsek Sukomanunggal.

Hal tersebut dibenarkan Kapolsek Sukomanunggal Surabaya, Kompol Esti Setija Oetami. Dia mengatakan, WYD menggasak motor bermodalkan kunci T.

"DPO (WYD) bertugas membobol dan merusak kunci sepeda motor," kata Esti, Rabu (7/4/2021).

MCA mengaku telah membantu pamannya beraksi di 6 lokasi di Surabaya.

Namun, MCA tak menyangka bila aksinya pada Selasa (23/3/2021) lalu di Jalan Darmo Baru Barat, Wonokromo, kala itu untuk yang terakhir kalinya.

Pasalnya, ketika hampir berhasil menggondol barang jarahan berupa sepeda motor bersama pamannya, pemilik kendaraan memergokinya. Spontan, pemilik menyawat (melempar) bata paving.

Bukannya menolong, pamannya malah meninggalkan MCA. WYD justru menyelamatkan dirinya sendiri dan meninggalkan MCA yang berada dalam kerumunan warga yang geram.

"Saat itu, paving yang dilempar warga mengenai (MCA), dia jatuh tersungkur, lalu ditangkap warga setempat," ujar dia.

MCA mengakuselalu diberi imbalan Rp 600 ribu setiap berhasil mencuri. Uang itu langsung dia gunakan untuk membeli minuman keras.

Akibat ulahnya, MCA dijerat pasal 363 KUHP tentang tindak pidana disertai unsur pemberatan  dan terancam pidana 5 tahun penjara. Sementara itu, WYD masih diburu kepolisian.

"Kasus ini kami kembangkan dan memburu pelaku lainnya (WYD)," tutur mantan Kapolsek Krembangan Surabaya itu.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar