Kapan Haji dan Umroh Dibuka bagi Indonesia? Ini Penjelasan Kanwil Kemenag Jatim

  Rabu, 07 April 2021   Praditya Fauzi Rahman
Ilustrasi. (Pixabay/Abdullah Shakoor)

Kapan Haji dan Umroh Dibuka bagi Indonesia? Ini Penjelasan Kanwil Kemenag Jatim

GAYUNGAN, AYOSURABAYA.COM -- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur (Kakanwil Kemenag Jatim) Ahmad Zayadi mengatakan, hingga kini belum ada penjelasan dari otoritas Kerajaan Arab Saudi perihal ibadah Haji. Kendati begitu, pihak Zayadi tetap melakukan segala persiapan bila sewaktu-waktu kebijakan pelaksanaan ibadah Haji dibuka kembali.

Zayadi menjelaskan, persiapan yang dimaksud seperti melakukan latihan manasik dan menyiapkan beragam dokumen yang diperlukan untuk haji, seperti paspor, foto, dan lain-lain. Selain haji, hal serupa juga diberlakukan pada Ibadah Umroh.

"Tentu, persiapan dalam rangka itu (musim haji), tetap kita laksanakan. Dari mulai pelatihan manasik haji, juga terkait dengan dokumen dokumen haji itu," katanya, Rabu (7/4/2021).

Zayadi menuturkan, Kanwil Kemenag Jatim belum memastikan atau menghitung jumlah calon jemaah haji asal Jatim. Belum ada informasi dibukanya kembali pelaksanaan Ibadah Haji tahun ini.

"Saya kira belum ada. Belum ada penjelasan ke arah sana (kuota haji dan umroh). Belum ada penjelasan apapun, termasuk kuota dan segala macam," ujarnya.

Kendati demikian, para jemaah haji diwanti-wanti tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat. Ketika sudah ada penjelasan lebih lanjut perihal tersebut, para jemaah bisa melaksanakannya dengan mengedepankan prokes sesuai anjuran pemerintah.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar