Mau Salat Tarawih di Masjid Al Akbar Surabaya? Ini Ketentuannya

  Rabu, 07 April 2021   Praditya Fauzi Rahman
[Ilustrasi] Mau Salat Tarawih di Masjid Al Akbar Surabaya? Ini Ketentuannya. (Ayobandung.com)

GAYUNGAN, AYOSURABAYA.COM -- Umat muslim di kota pahlawan sudah bisa melaksanakan ibadah Salat Tarawih saat Ramadan 2021, meski masih dalam Pandemi Covid-19. Kepala Humas Masjid Al-Akbar Surabaya (MAS) Helmy M Noor mengungkapkan, pihaknya sudah mempersiapkan beragam hal untuk menyambut bulan istimewa bagi umat Islam itu. Helmy menyebutkan, 240 imam, muazin, guru ngaji, hingga marbot MAS telah menjalani vaksinasi Covid-19. Vaksin yang diterima kala itu adalah jenis Sinovac.

Kendati diperbolehkan melaksanakan salat tarawih, namun kuota jemaah tetap akan dibatasi, yakni 25% saja dari kapasitas MAS.

"Contoh pelaksanaan, seperti kuota Salat Jumat (yang sudah berlangsung) selama ini," katanya, Rabu (7/4/2021).

Helmy menuturkan, jemaah yang hendak masuk ke masjid diimbau melalui 3 pintu yang disediakan, yaitu sisi selatan di pintu nomor 43, sisi utara pintu nomor 3, dan sisi timur pintu nomor 23. Jemaah juga diwajibkan menerapkan prokes ketat saat hendak melaksanakan tarawih "Iya, wajib memakai masker," ujarnya.

 

Serupa dengan rumah ibadah lainnya, sebelum masuk MAS, jemaah wajib dicek suhu tubuh terlebih dulu, lalu melintasi bilik sterilisasi, mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer, dan memakai masker selama tarawih.

Helmy menegaskan, guna menghindari kerumunan, jemaah diimbau membawa kantong plastik sendiri. Pasalnya, dapat digunakan untuk memasukkan alas kaki dan dibawa masuk ke dalam masjid.

"Dimohon kantong membawa sendiri. Bisa ditaruh samping saf salat," tuturnya.

Helmy mengungkapkan, imam salat tarawih juga hendak menerapkan bacaan surat-surat pendek. Pun dengan usai salat, tak diperkenankan untuk bersalaman. Untuk jam penutupan, pihak panitia akan menutup 30 menit usai ibadah tarawih rampung, sekitar pukul 21.00 WIB.

"Semoga Allah senantiasa menganugerahkan nikmat sehat dan bahagia lahir batin kepada kita," tuturnya.

Itulah ketentuan Salat Tarawih di Masjid Al Akbar Surabaya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar