Virus Corona Varian B117 Bermutasi Menjadi E484K, Terdeteksi Muncul di Jakarta

  Kamis, 08 April 2021   Andres Fatubun

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM -- Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito meminta masyarakat mewaspadai munculnya mutasi virus Covid-19 baru yakni E484K. Mutasi terbaru ini merupakan hasil mutasi dari varian B117 yang berasal dari Inggris. 

"Hendaknya diperhatikan terkait ditemukannya varian Covid-19 bernama E484K yang merupakan mutasi dari varian B117 yang berasal dari Inggris," kata Wiku saat konferensi pers sore ini, Kamis (8/4).

AYO BACA : Jika Tidak Lolos Gelombang 16, Apakah Harus Melakukan Pendaftaran Ulang di Gelombang 17?

Wiku menjelaskan, mutasi E484K yang terjadi pada protein spike merupakan mutasi yang sama seperti yang ditemukan di Afrika Selatan dan Brazil serta dinilai lebih menular. Kendati demikian, ia berharap agar masyarakat tidak panik namun tetap semakin disiplin menjalakan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas yang dilakukan. Disiplin prokes merupakan pertahanan utama dalam mencegah penularan virus Covid-19. 

Wiku mengatakan, pemerintah akan terus meningkatkan pengamatan whole genome sequencing untuk memetakan varian Covid-19 yang masuk ke Indonesia serta memperketat proses screening terhadap WNA dan WNI yang akan masuk ke Indonesia. 

AYO BACA : Penerima Kartu Prakerja Gelombang 13: Hari Ini Terakhir Kesempatan Mendapatkan Insentif Rp3,5 Juta!

Sebelumnya, pakar epidemiologi dari Universitas Griffith Australia Dicky Budiman mengatakan, pemerintah harus waspada dan memiliki strategi ketat untuk mencegah munculnya berbagai mutasi virus Covid-19 di Indonesia, termasuk E484K alias 'Eek'. Mutasi virus Covid-19 E484K ini pun telah terdeteksi muncul di wilayah DKI Jakarta. 

Untuk mengantisipasi penyebaran mutasi baru ini, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menyampaikan pemerintah saat ini tengah melakukan pelacakan kasus. Tujuannya untuk mendeteksi potensi penularan penyakit berdasarkan kontak erat.

 

AYO BACA : Piala Menpora: Siapa Lawan Persebaya di Babak Perempat Final?

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar