Tes Kepribadian: Genre Musik Favorit Tunjukkan Kepribadian & Isi Otak Anda

  Kamis, 08 April 2021   M. Naufal Hafizh
Tes Kepribadian: Genre Musik Favorit Tunjukkan Kepribadian & Isi Otak Anda. (Pixabay)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM – Tahukah Anda bawah genre musik favorit bisa menunjukkan kepribadian dan isi otak? Ayo ikuti tes kepribadian di bawah ini.

Studi skala besar yang dilakukan para peneliti di Universitas Heriot-Watt mengamati lebih dari 36.000 peserta dari seluruh dunia. Peserta diminta menilai lebih dari 104 gaya musik yang berbeda.

Menurut peneliti Adrian North, alasan mengapa orang terkadang merasa defensif tentang selera musik mereka, mungkin terkait dengan seberapa banyak hal itu berkaitan dengan sikap dan kepribadian.

North menyarankan agar orang mendefinisikan diri mereka sendiri melalui musik dan menggunakannya sebagai sarana untuk berhubungan dengan orang lain. Penelitiannya menunjukkan hubungan yang sering dibuat orang antara siapa seseorang sebagai individu dan selera musiknya.

Dikutip dari Very Well Mind, berikut ini cara membaca kepribadian dari genre musik favorit:

1. Musik pop

Penggemar musik-musim pop, terutama yang tengah hits, cenderung memiliki kepribadian ekstrovert, jujur, dan konvensional.

Sementara itu, pecinta musik pop yang lebih lawas, digambarkan cenderung kurang kreatif dan kerap gelisah.

2. Musik Rap dan Hip / Hop

Terlepas dari stereotip bahwa pecinta rap lebih agresif atau kasar, para peneliti sebenarnya tidak menemukan hubungan seperti itu.

Penggemar rap memang cenderung memiliki harga diri yang tinggi dan biasanya supel, demikian dilansir Suara.

3. Musik country

Penggemar musik country umumnya pekerja keras, konvensional, dan supel. Meskipun lagu country sering berpusat pada patah hati, orang yang tertarik pada genre itu cenderung sangat stabil secara emosional.

Mereka juga cenderung lebih konservatif dan lebih rendah dalam sifat keterbukaan terhadap pengalaman.

4. Musik Rock atau metal

Terlepas dari citra agresif proyek musik rock dan metal, para peneliti menemukan bahwa penggemar gaya musik ini biasanya cukup lembut.

Mereka cenderung kreatif, tetapi seringkali tertutup dan mungkin mengalami harga diri yang rendah.

5. Musik indie

Penggemar genre indie biasanya introvert, intelektual, dan kreatif. Menurut peneliti, mereka juga cenderung kurang pekerja keras dan kurang lembut.

Kepasifan, kecemasan, dan harga diri rendah jadi karakteristik kepribadian umum lainnya.

6. Musik Dance

Menurut peneliti, orang yang menyukai musik dance biasanya supel dan tegas. Mereka juga cenderung terbuka terhadap pengalaman baru.

Namun, orang yang lebih menyukai musik elektronik yang serba cepat ini disebut kurang memiliki sifat yang lembut.

7. Musik klasik

Pecinta musik klasik biasanya lebih tertutup tetapi juga merasa nyaman dengan diri mereka sendiri dan dunia di sekitarnya.

Pendengar musik itu juga kreatif dan memiliki harga diri yang tinggi.

8. Musik Jazz, Blues, dan Soul

Orang yang menyukai musik jazz, blues, atau soul ternyata lebih ekstrovert juga memiliki harga diri yang tinggi. Mereka juga cenderung sangat kreatif, cerdas, dan santai.

Itulah kepribadian seseorang dan isi otaknya dilihat dari genre musik favorit. Apakah sesuai dengan pribadi Anda setelah mengetahu tes kepribadian tersebut?

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar