Download Jadwal Imsakiyah & Buka Puasa Surabaya Lengkap Satu Bulan

  Kamis, 15 April 2021   M. Naufal Hafizh
Ilustrasi Artikel ini menyajikan gambar jadwal imsakiyah, jadwal salat, dan jadwal buka puasa Ramadan 1442 H taua 2021 M. (Ayo Media Network)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Artikel ini menyajikan gambar jadwal imsakiyah, jadwal salat, dan jadwal buka puasa Ramadan 1442 H taua 2021 M.

Saat Ramadan, segala perbuatan baik pahalanya akan dilipatgandakan. Termasuk salat tepat waktu.

Selain itu, Rasulullah SAW menganjurkan untuk sahur mendekati Subuh dan menyegerakan buka puasa.

Imam Nawawi dalam kitab Riyadhus Shalihin mengungkapkan, Rasulullah SAW sangat menganjurkan umat Muslim yang akan menjalankan ibadah puasa, hendaklah makan sahur.

5 Penyakit Berbahaya Jika Tidur Setelah Sahur, Stroke hingga Gagal Diet

Mimpi Basah saat Puasa, Boleh Lanjut Asal Mandi Junub, Ini Tata Caranya 

Cara Berbuka Puasa Sehat ala Rasulullah SAW

Hal itu tertuang dalam hadis yang diriwayatkan Anas, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ''Makan sahurlah kalian, karena sesungguhnya di dalam makan sahur itu terdapat berkah.'' hadis muttafaq alaih.

Tujuan Sahur

Menurut Imam Nawawi, Orang yang hendak berpuasa disunahkan makan sahur walaupun hanya dengan seteguk air. Makan sahur berguna untuk menambah tenaga orang yang berpuasa. Inilah di antara berkahnya makan sahur.

Lantas, kapankan Rasulullah SAW melaksanakan makan sahur? Berdasarkan hadis yang diriwayatkan Zaid bin Tsabit, Imam Nawawi mengungkapkan, ternyata Rasulullah SAW makan sahur mendekati waktu shalat Shubuh, alias mengakhirkan makan sahur.

''Dari Zaid bin Tsabit ra, ia berkata, ''Kami makan sahur bersama Rasulullah SAW. Lalu kami melaksanakan shalat Shubuh. Seseorang bertanya kepada Zaid, berapa lama antara (selesainya) makan sahur dengan shalat Shubuh itu? Zaid menjawab, ''(Bacaan) 50 ayat.'' Hadis muttafaq alaih, dikutip dari Republika.

Doa-doa Buka Puasa Ramadan dan Artinya

Niat Puasa Ramadan Harus Setiap Hari atau Cukup Sekali?

4 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Saat Buka Puasa

Menurut Imam Nawawi, tenggang waktu antara selesai makan sahur dengan azan Shubuh, kira-kira selama bacaan 50 ayat yang tidak terlalu pendek dan tidak terlalu panjang dengan bacaan yang tidak terlalu cepat dan tidak terlalu pelan.

Berikut ini jadwal Imsakiyah, jadwal salat, dan jadwal buka puasa Surabaya lengkap selama sebulan dari Kemenag. Untuk mengunduh / download-nya, Anda cukup menekan gambar, lalu mengeklik save atau simpan. Semoga bermanfaat.

jadwal-imsakiyah-dan-buka-surabaya

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar