Bergosip / Gibah Batalkan Puasa? Ini 5 Tips agar Tak Gibah

  Kamis, 15 April 2021   M. Naufal Hafizh
Ilustrasi Apakah bergosip atau gibah membatalkan puasa? Lalu, bagaimana cara atau tips agar bisa berhenti bergosip? (Pixabay)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM – Memasuki ibadah puasa Ramadan, semakin banyak orang yang belajar agama dan mencari jawaban dari banyak pertanyaan, termasuk apakah bergosip atau gibah membatalkan puasa? Lalu, bagaimana cara atau tips agar bisa berhenti bergosip?

Membicarakan aib orang lain adalah hal yang dilarang Allah SWT, baik saat puasa maupun tidak.

Dilansir NU Online, Syekh Said Muhammad Ba’asyin dalam Kitab Busyrol Karim mengatakan sebagai berikut.

"Dusta dan ghibah semestinya dijauhi terutama oleh mereka yang sedang berpuasa, meskipun menjauhi dua sifat tercela itu pada substansinya memang wajib. Sekalipun keduanya terpaksa dibolehkan untuk kepentingan mendamaikan pihak bertikai atau kepentingan bercerita terkait penganiayaan yang dilakukan seseorang, maka orang yang berpuasa sebaiknya menghindari dua jalan tadi," tulis Syekh Said Muhammad Ba’asyin.

11 Hal yang Membatalkan Puasa Ramadan, Wajib Tahu

Tidur Sepanjang Hari saat Puasa, Dapat Pahala atau Tidak?

Mimpi Basah saat Puasa, Puasanya Batal atau Tidak?

Sama seperti berkata dusta, ghibah sebagaimana hadits Rasulullah SAW, yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, perbuatan ini juga dapat merusak pahala berpuasa.

"Orang yang tidak menjauhi perkataan dusta dan mengamalkan dustanya, maka tidak ada hajat bagi Allah untuk menilai puasanya di mana ia bersusah payah seharian menjauhi makanan dan minuman."

Karena itu, sangat disayangkan, apabila kita sudah menahan haus dan lapar seharian, namun puasa kita tak ada nilainya di mata Allah SWT karena kita tidak bisa menahan diri untuk bergibah.

5 Tips agar Tidak Bergibah

Mengutip Republika, Fadhilah Suralaga, dosen Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, memberikan 5 tips untuk menghindari gosip sehingga ibadah puasa makin bermakna.

1. Sadar akan makna Ramadan

Menurut Fadhilah, esensi  puasa tidak hanya menahan makan dan minum saja tetapi juga harus meninggalkan keinginan hawa nafsu dari hal-hal yang bisa membatalkan puasa dengan mengharapkan keridhaan Allah.

“Puasa adalah tameng maka apabila salah seorang dari kalian sedang berpuasa janganlah dia berkata kotor dan janganlah bertengkar dengan mengangkat suara. Jika dia dicela dan disakiti maka katakanlah saya sedang berpuasa,” Katanya.

2. Menyibukkan Diri

Fadhilah menganjurkan bagi orang yang berpuasa supaya mengisi waktu luang untuk mengoptimalkan ibadah, seperti membaca Al-Qur’an, membaca buku-buku agama, mengikuti pengajian, dan berzikir. Dengan demikian bagi orang berpuasa tidak punya waktu untuk mengunjungi teman atau tetangganya hanya untuk sekadar menggosip.

5 Penyakit Berbahaya Jika Tidur Setelah Sahur, Stroke hingga Gagal Diet

Mimpi Basah saat Puasa, Boleh Lanjut Asal Mandi Junub, Ini Tata Caranya 

Cara Berbuka Puasa Sehat ala Rasulullah SAW

3. Bicarakan Hal-hal Penting

Ketiga, berbicaralah hal yang penting. Semakin banyak bicara maka akan banyak hal yang tidak penting dibicarakan. Sesungguhnya Nabi tidak hanya menyarakan berpuasa dari rasa lapar dan haus, tapi juga menjaga diri dari kesia-sian. Fadhilah menuturkan sebuah hadis Bukhari-Muslim “Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah dia berkata baik atau diam.”

4. Mengubah Topik Pembicaraan

Ubahlah topik pembicaraan yang menjurus ke gosip dengan berdiskusi keagamaan atau hal-hal yang bersifat sosial. “Bisa juga membicarakan isu-isu hangat seperti pilkada atau membicarakan menu masakan,” ungkap Fadhila.

5. Selektif Mencari Informasi

Selektiflah mencari informasi dari televisi, radio, dan internet. Bila selama ini setiap hari menonton tayangan infotainmen segeralah ganti chanel pada tayangan-tayangan keagamaan seperti ceramah agama. Atau selama ini, menyibukkan diri untuk chatting di jejaring sosial, gantilah membaca atau browsing artikel-artikel keagamaan yang menunjang pengetahuan tentang makna puasa.

Itulah jawaban dari apakah bergosip atau gibah membatalkan puasa dan tips agar berhenti bergosip.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar