Bisa Tambah THR 2021, Ini 14 Kerja Sampingan Online, Offline, Sabtu & Minggu

  Sabtu, 17 April 2021   M. Naufal Hafizh
Ilustrasi Bisa Tambah THR 2021, Ini 14 Kerja Sampingan Online, Offline, Sabtu & Minggu. (Pixabay)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM – Jika ingin bisa tambah THR 2021 yang rencananya cair bulan depan dengan besaran beragam, kamu bisa sambil kerja sampingan online, offline, atau di hari Sabtu & Minggu.

Terkait THR 2021 buruh / pekerja, perusahaan wajib memberikan Tunjangan Hari Raya atau THR 2021 buruh / pekerja sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan dan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan.

Lantas, kapan jadwal pencairan THR 2021 buruh atau pekerja?

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menerbitkan Surat Edaran tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya Keagamaan Tahun 2021 bagi Pekerja / Buruh di Perusahaan pada 12 April 2021. Dalam SE tersebut disebutkan THR 2021 buruh / pekerja cair maksimal atau paling lambat 7 hari sebelum hari raya keagamaan.

Jika merujuk pada penentuan Idulfitri yang ditetapkan Muhammadiyah, yakni 13 Mei 2021, maka THR 2021 buruh / pekerja maksimal cair atau dibayarkan tanggal 6 Mei.

Pemberian THR 2021 buruh / pekerja merupakan upaya untuk memenuhi kebutuhan pekerja / buruh dan keluarganya dalam merayakan hari raya keagamaan.

Namun, jika merasa belum cukup untuk bekal Lebaran atau bingung cara membeli baju baru Lebaran, kamu bisa bekerja sampingan.

Berikut ini daftar 14 Kerja Sampingan Online, Offline, Sabtu & Minggu untuk menambah THR 2021:

1. Fotografer

Punya hobi fotografi? Ini bisa dijadikan sebagai jalan mudah untuk mendapatkan uang tambahan. Dengan cara menjual jasa fotografi. Sebab ada banyak yang membutuhkannya untuk berbagai hal, seperti foto produk, pre wedding, ulang tahun, dan berbagai momen penting lainnya.

2. Terima pasang iklan di kendaraan

AYO BACA : THR 2021 BURUH / PEKERJA CAIR di Tanggal Ini, Catat Besarannya!

Punya kendaraan? Baik itu mobil ataupun motor, maka ini bisa digunakan untuk mendapatkan uang dengan mudah. Cukup terima iklan dan pasang pada kendaraan tersebut, maka sudah bisa mendapatkan sejumlah uang dari pihak pemasang iklan  yang produknya terpampang di sana.

3. Membuat handycraft

Kerajinan tangan menjadi salah satu produk yang selalu memiliki daya jual tinggi, terutama jika bisa menghasilkan berbagai produk unik dan berkualitas. Buat dan pasarkan produk dengan cara tepat, sehingga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari pekerjaan yang satu ini.

4. Jasa tulis kaligrafi

Punya kemampuan yang baik dalam seni kaligrafi menunjukkan bahwa Anda termasuk orang yang sabar dan memiliki jiwa seni cukup besar. Manfaatkan kemampuan ini untuk menghasilkan uang. Karena seni kaligrafi cukup banyak diminati dan ini bisa menjadikannya sebagai kerja sampingan yang sangat menjanjikan.

5. Guru les

Mahir di bidang pelajaran tertentu? Kenapa tidak dimanfaatkan untuk menghasilkan uang tambahan? Jadikan aktivitas mengajar les ini sebagai kerja sampingan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk pekerjaan ini, seperti mengajar les dari rumah ke rumah, mengajar di tempat les khusus, atau membuka tempat les sendiri di rumah, bahkan saat ini sudah ada platform bagi pengajar les secara online.

6. Menulis

Jika memiliki bakat menulis, jadikan keahlian ini sebagai pekerjaan sampingan. Saat ini, ada banyak situs kerja yang menyediakan berbagai proyek menulis dan bisa dijadikan sebagai pilihan, beberapa di antaranya bahkan menawarkan bayaran cukup besar. Bisa juga bergabung dan menemukan banyak klien di sana.

7. Pelukis

AYO BACA : Mimpi Basah saat Puasa, Boleh Lanjut Asal Mandi Junub, Ini Tata Caranya

Bila punya bakat seni dan lihai dalam urusan lukis-melukis, bisa juga mendapatkan penghasilan tambahan dengan mudah. Hasil lukisan bisa dijual di pinggir jalan atau secara online. Bukan hanya lukis wajah saja, namun menjual jasa melukis mural juga bisa dilakukan karena belakangan ini cukup banyak dicari.

8. Pengasuh bayi

Bagi yang punya kesabaran tinggi dan senang bermain dengan anak kecil, maka pekerjaan sampingan sebagai pengasuh bayi akan menjadi pilihan yang sangat tepat. Ada banyak orang tua muda yang membutuhkan layanan jasa ini, bahkan meski hanya di akhir pekan sekalipun.

9. Menjadi MC (Master of Ceremonies)

Hampir semua acara yang berskala cukup besar akan membutuhkan seorang pembawa acara atau MC, bahkan untuk acara sekelas ulang tahun sekalipun. Bila memiliki bakat di bidang yang satu ini, bisa menjadikannya sebagai kerja sampingan yang dapat menghasilkan uang tambahan dalam jumlah yang lumayan.

10. Teknisi Komputer

Bila ternyata hobi mengutak-atik komputer, jangan hanya dijadikan sebagai kesenangan semata, sebab hal ini juga bisa mendatangkan uang. Keahlian ini bisa dijadikan sebagai kerja sampingan menjadi teknisi komputer dengan cara menjual jasa secara online atau bahkan membuka tempat perbaikan komputer di rumah.

11. Pengasuh (perawat) orang tua

Ada banyak orang tua yang tinggal sendiri dan jauh dari anak-anak mereka, namun tetap tinggal di rumah sendiri dan bukan di panti jompo. Nah, peluang ini bisa dijadikan untuk kerja sampingan di akhir pekan dengan menjadi pengasuh (perawat) orang tua ini.

12. Desainer grafis

Kalau mahir desain, bisa menjual jasa desain secara online. Ada banyak perusahaan yang membutuhkan jasa desain grafis ini, mulai dari perusahaan skala kecil hingga yang besar sekalipun bisa ditemukan secara online. Kenapa tidak peluang ini dijadikan sebagai sumber penghasilan tambahan.

13. Web developer

Jika punya skill dalam membuat aplikasi dan yang lainnya. Ini bisa dijadikan modal untuk mencari uang tambahan dengan menjadi seorang web developer yang profesional. Saat ini, ada banyak perusahaan dan pelaku bisnis yang membutuhkan layanan yang satu ini. Jadi, kenapa tidak peluang ini dimanfaatkan untuk meraup pundi-pundi rupiah?

14. Editor foto

Saat ini bukan hanya artis saja yang membutuhkan foto-foto berkualitas, sebab ada banyak orang lain di luar sana yang menginginkan hasil foto bak artis. Jika punya kemampuan dalam urusan editing foto, maka bidang yang satu ini akan menjadi pilihan kerja sampingan yang tepat untuk dijalankan.

Pilih pekerjaan sampingan yang tepat

Melakukan kerja sampingan menjadi pilihan banyak orang, terutama mereka yang tidak mendapatkan gaji yang cukup besar dari pekerjaan utamanya.

Jika berniat kerja sampingan, pastikan memilih pekerjaan yang tepat dan nyaman, sehingga pekerjaan ini tidak mengganggu pekerjaan utama yang sekarang dijalani, demikian dikutip Republika.

Itulah 14 kerja sampingan online, offline, Sabtu & Minggu yang bisa kamu coba untuk menambah THR 2021.

AYO BACA : Ini Urutan Surat Pendek yang Dibaca saat Salat Tarawih

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar