Cara Mengatasi Survei Kartu Prakerja Tidak Muncul di Dashboard / Blank

  Sabtu, 17 April 2021   M. Naufal Hafizh
Cara Mengatasi Survei Kartu Prakerja Tidak Muncul di Dashboard / Blank. (Ayo Media Network)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Mungkin ada di antara Anda mengalami masalah survei kartu prakerja tidak muncul di dashboard atau blank. Lantas, bagaimana solusinya atau cara mengatasinya?

Penerima kartu prakerja yang telah menyelesaikan pelatihan pertama harus mengisi survei evaluasi.

Survei tersebut merupakan amanat dari Peraturan Presiden Nomor 36 Tahun 2020, yang telah diubah oleh Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2020, dan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 3 Tahun 2020 untuk mengevaluasi efektivitas Program Kartu Prakerja.

Tujuan survei tersebut agar Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja mengetahui terkait kondisi kebekerjaan dan kondisi sosial ekonomi Anda.

Untuk menyelesaikan survei ini, diperlukan waktu 20-30 menit. Karena itu, pelaksana menyarankan Anda mencari tempat yang nyaman agar dapat menyelesaikan survei dengan baik.

"Kami mengharapkan Sobat Prakerja dapat memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan dalam survei ini dengan sejujur-jujurnya. Jawaban Anda akan membantu kami untuk mengevaluasi Program Kartu Prakerja untuk bisa lebih baik lagi dalam melayani kebutuhan Sobat Prakerja," tulis panitia pelaksana di situs resmi Prakerja.go.id.

Cara Melakukan Survei Prakerja

Untuk melakukan survei, Anda dapat mengakses https://dashboard.prakerja.go.id.

Namun, jika survei tidak muncul di dashboard atau blank, solusinya segera menghubungi Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja pada alamat surel [email protected] dengan subjek “Survei Evaluasi”.

Jika ada kendala dalam menjawab survei, sampaikan melalui link https://bit.ly/kendalasurvei.

Setelah melakukan survei, Anda akan mendapatkan insentif Rp50.000 per survei.

Di sisi lain, beredar unggahan di media sosial tentang jadwal pembukaan kartu prakerja gelombang 17 yang akan dilakukan pertengahan tahun 2021. Apakah hal itu benar atau hoaks?

Mengutip Kominfo.go.id, unggahan itu disampaikan salah seorang pengguna Facebook pada 27 Maret 2021 degan narasi sebagai berikut:

Gelombang 16 merupakan gelombang terakhir untuk penerimaan di semester pertama 2021 dengan kuota terbatas 300rbu orang. Kemungkinan gelombang baru atau 17 akan berlanjut nanti pertengahan tahun. Bagi yang belum sempat/ingin mendaftar, silahkan japri atau klik link dibawah ini: https:bit.ly/3tYe8vV

Sebelum terlambat, penutupan pendaftaran besok jam 1 siang.

kominfo-cekhoaks-stophoaks-prakerja-gelombang-17-buka-tengah-tahun-1
apa itu image

Apakah hal itu benar?

PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran Ayosurabaya.com, unggahan di atas adalah hoaks. Alasannya, hingga kini, pembukaan kartu prakerja gelombang 17 belum ditentukan jadwalnya.

Adapun gelombang terbaru akan dibuka setelah adanya pencabutan kepesertaan bagi penerima kartu prakerja gelombang 16 yang tidak membeli pelatihan pertama dengan batas 30 hari sejak mendapatkan pengumuman lolos prakerja.

"Gelombang 17 akan dibuka bila ada kepesertaan dari gelombang 12-16 yang dicabut karena tidak membeli pelatihan pertama dalam 30 hari sejak mereka ditetapkan sebagai penerima Kartu Prakerja," ujar Head of Communication Project Management Office Kartu Prakerja Louisa Tuhatu kepada Ayojakarta, Rabu (31/3/2021), dalam berita Kartu Prakerja Gelombang 17 Dibuka Kapan? Ini Jawaban Panitia.

Selain itu, situs resmi program kartu prakerja adalah www.prakerja.go.id, bukan https:bit.ly/3tYe8vVseperti dalam artikel Link Resmi Daftar Kartu Prakerja Gel 15 di prakerja.go.id, Bukan di 7 Situs Ini!

Dengan demikian, pembukaan kartu prakerja gelombang 17 dibuka pertengahan tahun dengan situs https:bit.ly/3tYe8vV adalah konten hoaks.

Itulah solusi atau cara mengatasi masalah survei kartu prakerja tidak muncul di dashboard atau blank dan kabar pembukaan kartu prakerja gelombang 17.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar