Cara Menghitung THR Bagi Pekerja yang Belum 12 Bulan Bekerja Sesuai Ketentuan Pemerintah

  Minggu, 18 April 2021   Andres Fatubun
Ilustrasi uang rupiah. (Mohamad Trilaksono dari Pixabay )

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Perusahaan wajib memberikan Tunjangan Hari Raya atau THR 2021 buruh / pekerja sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan dan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menerbitkan Surat Edaran tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya Keagamaan Tahun 2021 bagi Pekerja / Buruh di Perusahaan pada 12 April 2021. Dalam SE tersebut disebutkan THR 2021 buruh / pekerja cair maksimal atau paling lambat 7 hari sebelum hari raya keagamaan.

AYO BACA : Berapa THR yang Diterima Pekerja Harian Lepas?

Jika merujuk pada penentuan Idulfitri yang ditetapkan Muhammadiyah, yakni 13 Mei 2021, maka THR 2021 buruh / pekerja maksimal cair atau dibayarkan tanggal 6 Mei.

Cara Menghitung Besaran THR 2021 Buruh / Pekerja

Pasal 2 dan 3 Permenaker 6/2016 menyebutkan bahwa cara menghitung THR karyawan bergantung pada masa kerja karyawan, yaitu:

  • Karyawan yang telah mempunyai masa kerja 12 (dua belas) bulan secara terus menerus atau lebih, diberikan THR sebesar 1 (satu) bulan upah;
  • Karyawan yang mempunyai masa kerja 1 (satu) bulan secara terus menerus tetapi kurang dari 12 (dua belas) bulan, diberikan THR secara proporsional sesuai masa kerja dengan perhitungan.

AYO BACA : Uang Insentif Kartu Prakerja Bisa Dibelikan Apapun, Benarkah?

Jika ada karyawan Anda yang sudah bekerja selama 12 (dua belas) bulan, maka ia berhak menerima THR yang dijelaskan sebagai:

  • Upah tanpa tunjangan atau upah bersih; atau
  • Upah pokok, yang termasuk tunjangan tetap.

Contoh Perhitungan THR

Joko adalah karyawan dengan masa kerja 13 bulan dan gaji pokok per bulan Rp5 juta. Maka saat Idul Fitri, ia berhak mendapatkan THR sebesar Rp5 juta. 

Sementara kawannya, Slamet adalah karyawan baru dengan masa kerja 2 bulan dan gaji pokok Rp3.700.000. Maka perhitungan THR Slamet untuknya adalah:
(2 bulan x Rp3.700.000) ÷ 12 bulan = Rp616.666.

AYO BACA : THR Segera Cair, Ini 5 Rekomendasi Smartphone 2 Jutaan dengan Kapasitas Memori yang Besar

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar