Ini Jumlah Sementara Kuota Kartu Prakerja Gelombang 17, Siapkan Diri Daftar di Website Resmi!

  Selasa, 20 April 2021   Icheiko Ramadhanty

TEBET, AYOJAKARTA -- Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja sedang memberikan waktu kepada peserta Kartu Prakerja gelombang 15 untuk membeli pelatihan pertama. Adapun tenggat waktunya yaitu pada 22 April 2021 pukul 23.59 WIB.

Nantinya, jika ada yang melampaui batas waktu tersebut, status kepersertaan mereka akan dicabut. Kuota kepesertaan yang dicabut akan digunakan untuk mengisi gelombang tambahan, yaitu gelombang 17.

Sebelumnya Manajemen Pelaksana mengatakan bahwa terdapat sekitar 11 ribu orang dari gelombang 12 yang statusnya dicabut. Lalu per 6 April, terpantau 12 ribu orang di gelombang 13 belum membeli pelatihan pertama.

Hal tersebut disampaikan oleh Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Louisa Tuhatu. 

"Tenggat waktu untuk membeli pelatihan pertama bagi peserta gelombang 13 adalah hari Kamis, 8 April, pukul 23.59. Saat ini kami memantau masih ada sekitar 12 ribu orang dari gelombang 13 yang belum membeli pelatihan pertama," ujar Louisa saat dihubungi pada 6 April lalu.

Lalu, pada gelombang 14 yang resmi ditutup pada 15 April 2021 lalu, terdapat pula orang-orang yang gagal menerima insentif karena tidak membeli pelatihan pertama. Louisa mengatakan bahwa terdapat lebih dari 8 ribu orang yang gagal menerima insentif sebesar Rp 3,55 juta di gelombang 14.

"Penerima Kartu Prakerja gelombang 14 yang dicabut kepesertaannya karena tidak membeli pelatihan pertama ada 8.198 orang," kata Louisa saat dihubungi Ayojakarta, Senin 19 April 2021.

Jumlah tersebut semakin memperbanyak kuota yang nantinya akan dipakai untuk kepersertaan di gelombang 17. Berdasarkan hitungan, total jumlah kuota yang dicabut dari gelombang 12 hingga 14 sekitar 31 ribu orang.

AYO BACA : Peserta Prakerja Gelombang 15 Masih Bisa Dicoret dan Dialihkan ke Gelombang 17

Dicabutnya kepesertaan beberapa orang di gelombang Kartu Prakerja sesuai dengan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Permenko) Nomor 11 Tahun 2020, bahwa setiap penerima Kartu Prakerja memiliki waktu 30 hari untuk membeli pelatihan pertama sejak tercatat menjadi peserta Kartu Prakerja.

Website Resmi Kartu Prakerja

Pendaftaran program kartu Prakerja hanya di website resmi yakni www.prakerja.go.id.

Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja memberikan imbauan kepada masyarakat agar menghiraukan segala bentuk penipuan dengan iming-iming akan menerima bantuan Rp 600.000. Hal itu diketahui setelah banyaknya pesan broadcasting yang ramai ditemui di sosial media, dengan iming-iming akan menerima bantuan berupa uang tunai.

Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja menegaskan agar masyarakat tidak memberikan data pribadi seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor Kartu Keluarga (KK), nomor HP, alamat email, atau data pribadi lainnya kepada pihak yang tidak bertanggungjawab.

“Jadi, pastikan Sobat hanya mengunjungi situs Kartu Prakerja yang resmi, ya!,” tulis salah satu unggahan Instagram @prakerja.go.id, Minggu (11/10/2020).

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 17

Hingga berita ini diturunkan, pemerintah belum membuka gelombang 17. Namun berkaca pada gelombang 16 dan sebelumnya, begini cara mendaftar Kartu Prakerja:

• Masuk ke laman prakerja.go.id

• Masukkan nama lengkap, alamat e-mail, dan kata sandi

AYO BACA : Mimpi Basah Hingga Air Mani Keluar, Apakah Membatalkan Puasa?

• Cek email masuk dari Kartu Prakerja untuk aktivasi. Setelah itu, kembali ke laman prakerja.go.id

• Masukkan e-mail dan kata sandi yang baru dibuat

• Masukkan nomor KTP dan tanggal lahir

• Klik tombol 'berikutnya'

• Isi data diri di form pengisian (nama lengkap, alamat e-mail, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status kebekerjaan, foto KTP, lalu klik 'berikutnya'

• Masukkan nomor telepon dan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS oleh pihak Prakerja

• Mengisi tes motivasi selama 1 menit

• Tunggu email pemberitahuan setelah tes selesai dikerjakan

• Jika sudah mendapat e-mail pemberitahuan, kembali ke laman prakerja.go.id, dan klik pada tulisan 'gabung ke gelombang 16'.

 

AYO BACA : Apakah PRT Berhak Meminta / Mendapatkan THR ? Bagaimana Cara Menghitungnya ?

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar