Ustadz Zacky Mirza Meninggal Dunia, Hoaks? Cek Faktanya!

  Rabu, 21 April 2021   M. Naufal Hafizh
Ustadz Zacky Mirza Meninggal Dunia, Hoaks atau Fakta? (turnbackhoax.id)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM – Beredar unggahan di Facebook yang menyebutkan bahwa Ustadz Zacky Mirza Meninggal Dunia. Apakah hal itu hoaks atau fakta?

Mengutip dari Turnbackhoax.id, berdasarkan hasil pemeriksaan fakta oleh Renanda Dwina Putri, Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia, unggahan tersebut adalah hoaks dan masuk kategori konten menyesatkan.

Faktanya, melalu akun Instagram resminya @zackymirza_, Ustadz Zacky Mirza mengonfirmasi bahwa saat ini keadaannya sudah membaik setelah tidak sadarkan diri akibat pingsan saat berdakwah pada 18 April 2021.

Berikut ini narasi yang menyebutkan bahwa Ustadz Zacky Mirza meninggal dunia.

“INNALILLAHI WIR Berita Duka Cita. telah berpulang ke Rahmatullah Ustad Zacky Mirza. Jatuh sakit ktk memimpin jikir dlm Ceramah Safari Ramadhan di Mesjid Pekanbaru Senin malam Ahad 17 April 2021 SMG almarhum tenang disisi Allah”

PENJELASAN

Akun Facebook Ais Umi Mizaz mengunggah foto tangkapan layar percakapan WhatsApp berisi video dan pesan yang menyebutkan bahwa Ustadz Zacky Mirza meninggal dunia. Dikabarkan Ustadz Zacky Mirza meninggal dunia akibat jatuh sakit ketika memimpin dzikir dalam ceramah Safari Ramadhan di Masjid Pekanbaru pada 17 April 2021.

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut tidaklah tepat. Ustadz Zacky Mirza sempat dikabarkan pingsan saat mengisi dakwah di Pekanbaru, Riau pada 18 April 2021. Mengutip dari Kompas, Istri Ustadz Zacky Mirza, Shinta Tanjung mengonfirmasi bahwa kondisi kesehatan yang kurang baik menjadi alasan pingsannya sang ustadz.

“Awalnya kecapekan, terus lagi enggak enak badan juga karena kan sudah beberapa hari, hampir sebulan di luar kota. Nah, akhirnya drop-lah semalam,” ujar Shinta, Senin (19/4/2021).

Meskipun demikian, kondisi Ustadz Zacky Mirza sudah berangsur membaik. Melalui unggahan video 54 detik di akun Instagram pribadinya (@zackymirza_), ia mengabarkan kondisinya saat ini dalam keadaan yang lebih baik dan membantah kabar duka yang tersebar di masyarakat.

“Alhamdulillah malam hari ini, Senin, 19 April 2021 saya dalam keadaan yang lebih baik setelah semalam di keadaan yang belum sadar. Adapun terkait dengan berita yang tersebar, saya meninggal dunia itu semua berita hoaks. Saya dalam keadaan sehat wal afiat,” ungkapnya.

Dari berbagai fakta yang telah dijabarkan, unggahan akun Facebook Ais Umi Mizaz dapat dikategorikan sebagai konten yang menyesatkan.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar