Yuk Coba Main Bitrado, Aplikasi Inovatif dari 3 Mahasiswa ITS Surabaya

  Rabu, 28 April 2021   Praditya Fauzi Rahman
Bitrado. (Humas ITS)

SUKOLILO, AYOSURABAYA.COM -- Pandemi Covid-19 berdampak ke seluruh sektor di Indonesia. Salah satunya pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Berawal dari hal tersebut, 3 mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Fian Awamiry Maulana, Raul Ilma Rajasa, dan Nur Muhammad ‘Ainul Yaqin membuat aplikasi khusus UMKM berbasis permainan: Bitrado.

Ketua tim Bitrado, Raul, mengatakan, proses menciptakan aplikasi itu berlangsung sekitar 3 bulan. Dalam aplikasi itu, ada beberapa fitur yang tengah dikembangkan dalam bentuk 3 dimensi . Harapannya, bisa membuat tampilan dan permainan menjadi lebih menarik. Pun saat diikutkan pada sebuah kompetisi dan pengalaman baru kepada pelaku UMKM.

"Saya berharap aplikasi ini bisa menjadi turning point," kata Raul melalui keterangan tertulis yang diterima AyoSurabaya.com, Rabu (28/4/2021).

Raul dan 2 rekannya mengaku bangga lantaran berhasil meraih juara 3 dan favorit dalam Lomba Robot Nasional Baronas 2021 pada kategori umum. Dalam aplikasi itu, ada beberapa fitur yang disediakan, mulai cultural quiz task, food shop, clothes shop, hingga mini online game. Seluruh fiturnya bisa dimainkan dengan dua karakter yang diciptakan, yakni Rika dan Rino.

“Saya jamin, akan menyenangkan untuk dimainkan. Karena Bitrado memanglah kompleks,” ujar mahasiswa Departemen Teknik Informatika ITS itu.

Raul mengungkapkan, nama Bitrado berasal dari kepanjangan Bucin Travelling Indonesia. Tujuannya, menyuguhkan pengalaman berkeliling sejumlah wilayah di Indonesia dan bisa dimainkan beberapa orang.

“Menyediakan fitur yang bisa digunakan bermain bersama teman,”  tuturnya.

Lantas, apa saja detail dan mekanisme penggunaan fitur dalam aplikasi itu?

Untuk fitur cultural quiz task, akan mengajak pengguna menjawab pelbagai pertanyaan yang dikemas ciamik dalam permainan kuis kedaerahan. Menu itu memuat nilai kearifan lokal dengan tayangan simulasi konsep berupa pilihan ganda atau multiple choice.

“(Pemain) diberi tugas untuk menjawab pengetahuan kebudayaan, mengenai daerah yang sedang dikunjungi,” katanya.

Lalu, untuk fitur food shop, pengguna yang memakai karakter Rika maupun Rino, akan diajak menghampiri UMKM di setiap daerah di Indonesia untuk mendapatkan makanan. Kemudian, pengguna bisa menambah energi karakter yang digunakan dengan cara mengonsumsi hidangan dari UMKM yang disambangi tersebut.

UMKM yang dilibatkan dalam aplikasi itu adalah nyata, sehingga informasi perihal UMKM sesuai dengan apa yang disampaikan owner. Pun dengan ajang promosi gratis kepada khalayak. Salah satu contohnya adalah makanan khas kota pahlawan, Rawon Setan.

Selanjutnya ada Fitur clothes shop. Dalam fitur ini, karakter Rino maupun Rika dapat mengenakan pakaian tradisional khas daerah yang didatangi. Dalam clothes shop itu, disediakan pula informasi kontak UMKM penyedia pakaian sesuai kehidupan nyata. Supaya, khalayak yang ingin berkunjung bisa dengan mudah menghubungi UMKM tersebut.

Yang terakhir ada fitur mini online game. Fitur ini tak kalah seru dengan 3 fitur sebelumnya. Lantaran, pengguna diajak bermain dan memperkenalkan beragam permainan tradisional khas masing-masing daerah di Indonesia. Bahkan, bisa dimainkan bersama teman. Sejumlah permainan itu mulai kelereng, petak umpet, hingga gobak sodor.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar