Lebaran 2021 Sebentar Lagi, Ini Warna Cat Rumah Elegan Minimalis 2021

  Kamis, 29 April 2021   M. Naufal Hafizh
Lebaran 2021 Sebentar Lagi, Ini Warna Cat Rumah Elegan Minimalis 2021. (Ist)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Lebaran 2021 tinggal sebentar lagi. Jika Anda ingin memiliki rumah elegan dan minimalis, pilihlah cat warna putih.

Warna putih terlihat bagus, elegan, dan sangat berkelas. Meski merawat warna putih juga tidak mudah.

Dilansir dari The Times of India, ada alasan mengapa warna putih harus digunakan menjadi warna cat rumah. Pertama, warna putih membuat rumah terlihat rapi.

Warna putih mewakili kemurnian dan kerapian. Warna itu adalah reflektor cahaya alami yang menyediakan ruangan dengan banyak cahaya.

Kedua, warna putih melambangkan modernitas. Desain minimalis adalah mode terbaru dan dinding putih memberikan latar belakang yang sempurna untuk rumah modern.

Ketiga, warna putih membuat ruangan terlihat lebih besar karena memantulkan semua lampu yang memaksimalkan cahaya alami. Dinding berwarna gelap menyerap cahaya yang menyebabkan ruangan tampak lebih kecil.

Manfaat Warna Cat Cerah bagi Psikologi

AYO BACA : Tips Cantik saat Lebaran 2021, Hentikan 5 Kebiasaan Penyebab Wajah Tampak Tua

Setiap orang pasti menginginkan rumah yang nyaman. Untuk mewujudkannya, tentu perlu melakukan banyak cara, salah satunya memilih warna rumah agar tampak rapih dan elegan.

Warna rumah ternyata merupakan elemen penting yang menghidupkan suasana rumah.

Karena setiap warna memiliki arti tersendiri dalam mengambarkan kepribadian dari pemilik dari rumah tersebut. Karena itu, dalam pemilihan warna rumah tidak bisa dianggap sepele, termasuk cat rumah.

Tak hanya itu, pengembangan interiornya turut dipadukan dengan struktur bangunan rumah agar menambah kesan menarik.

"Faktor psikologi pada rumah, di antaranya penglihatan, perasa, pendengaran, dan penciuman.Empat faktor tersebut sangat berperan besar," ujar Founder Eltakis Creative Idea (Interior Design & Build), Gayuh Wicaksono dalam webinar acara Festival Properti Indonesia online 2020, Selasa (6/10/2020).

Gayuh memaparkan rumah berwarna cerah seperti kuning, putih, dan oranye dapat membuat penghuni rumah merasa hangat dan bersemangat serta meredam suhu ruangan sehingga membuat suasana rumah dingin sekaligus rileks.

AYO BACA : Daftar Lengkap Lokasi Penyekatan Mudik Lebaran 2021 Jatim

"Untuk warna sebenarnya presepsi masing-masing, namun disarankan penghuni rumah memilih cat berwarna muda atau cerah yang bisa membangun mood seseorang menjadi lebih ceria," jelasnya.

Dia juga menyarankan yang hidup di kawasan perkotaan untuk mengakali rumahnya dengan long lasting style yang merupakan konsep rumah modern saat ini.

Tak hanya itu, rumah juga perlu menggunakan silling yang tinggi dengan dibalut jendela.

"Jadi itu sebagai simbol keseimbangan yang dihadirkan di rumah dengan dapat memberikan efek psikologis yang baik. Terakhir pesan saya jika ingin membangun rumah gunakan jasa desainer karena perencanaan itu penting. Dari awal sampai akhir," katanya.

Agar Warna Cat Rumah Tahan Lama

Cat tembok yang pudar dan kotor membuat rumah terlihat tidak sedap dilihat. Seringnya, tak ada solusi selain mengecat ulang agar tembok rumah kembali terlihat segar. Namun, selalu mengecat ulang tembok setiap catnya pudar dan kotor tentu bisa menguras kantong.

Sebenarnya, untuk menghindari terlalu sering mengecat ulang, ada beberapa hal kecil yang bisa diperhatikan. Salah satunya dengan mengaplikasikan cat sesuai fungsinya.

Pastikan ketika mengecat dinding rumah, bedakan antara cat untuk luar (eksterior) dan dalam rumah (interior).  Jangan menggunakan cat khusus interior untuk eksterior atau sebaliknya.  Hal lain yang perlu diperhatikan pada saat tahapan pengecatan. Pastikan tahapannya benar, di antaranya gunakan dulu cat dasar (sealer) sebelum cat pelapis terakhir (top coat).

Sementara itu, agar cat tidak gampang kotor, tidak jauh berbeda, yakni gunakan cat sesuai peruntukannya. Cat eksterior, misalnya, memiliki daya tahan terhadap noda luar seperti lumpur dan asap, jadi gunakanlah untuk tembok luar. "Untuk interior gunakan cat yang mudah dibersihkan dari noda-noda rumah tangga," ujar Chemist Nippon Paint Indonesia Mely Agustin, dikutip dari Republika.co.id.

AYO BACA : SYARAT WAJIB MUDIK LEBARAN 2021, Begini Cara Mengisi e-HAC!

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar