Tips Mengecat Rumah Sendiri Jelang Lebaran 2021

  Sabtu, 01 Mei 2021   M. Naufal Hafizh
Ilustrasi (Pizabay/Capri23auto)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM – Ada tips mengecat rumah sendiri jelang Lebaran 2021 yang bisa Anda lakukan.

Di sisi lain, hal ini bisa menjadi pengalaman baru, terutama keluarga baru, untuk membuat rumah lebih berwarna.

AYO BACA : JADWAL LEBARAN 2021 & CUTI BERSAMA, Catat Tanggalnya!

Sebelum mengecat rumah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

1. Kondisi dinding

Tak jarang, muncul masalah terkait dengan dinding yang hendak dicat. Permukaan dinding berkapur, mengelupas, berjamur, atau ditumbuhi lumut. Tapi jangan panik. Masalah ini mudah diatasi kok.

AYO BACA : Lebaran 2021 Sebentar Lagi, Ini Warna Cat Rumah Elegan Minimalis 2021

Penanganan untuk dinding yang mengalami pengapuran atau pengelupasan hampir sama. Sebelum pengecatan, dinding diampelas lebih dulu sampai bersih, kemudian semprot dengan air bertekanan tinggi. Setelah bersih, biarkan dinding sampai kering. Kini, dinding Anda siap dipoles dengan cat lapisan pertama, sebelum diberi lapisan cat yang kedua.

Lain halnya jika permukaan dinding berjamur atau ditumbuhi lumut. Dinding harus dikerok sampai bersih. Gunakan pembersih jamur (fungisidal wash atau lumut). Selanjutnya, bersihkan dengan air untuk memastikan permukaan dinding bebas dari cairan asam yang mungkin masih tersisa.

Biarkan dinding sampai kering, setelah itu pengecatan bisa mulai dilakukan. Pengecatan dinding baru pun ada kiatnya. Permukaan tembok harus dibersihkan dari sisa acian atau kotoran dengan cara menyemprotkan air bertekanan tinggi. Jika sudah benar-benar kering, silakan Anda mulai mengecat.

Cara Mengecat Rumah yang Tepat

  1. Sebelum mengecat, kosongkan ruangan. Lapisi lantai dan furnitur dengan koran. Gunakan koran dan selotip untuk menutup stop kontak, sakelar, kusen pintu, dan jendela.
  2. Hindari mengecat pada musim hujan atau cuaca lembap. Kondisi tersebut mengakibatkan lapisan film cat tidak dapat terbentuk secara maksimal.
  3. Sebelum mengecat, pastikan permukaan dinding dalam keadaan kering. Jangan memulai pengecatan lapisan kedua sebelum lapisan pertama benar-benar kering. Jika ini terjadi, pengecatan akan gagal karena cat meleleh dan sebagian cat yang belum kering akan tertarik roll atau kuas.
  4. Penggunaan plamur (wall filler) tidak disarankan untuk diaplikasikan di seluruh permukaan tembok luar maupun dalam. Plamur akan mengurangi daya rekat cat terhadap tembok.
  5. Jika terpaksa menggunakan plamur untuk meratakan permukaan tembok atau menutupi retak-retak halus, gunakan plamur seminimal mungkin.
  6. Gunakan pelindung mata agar mata tidak terkena cat secara langsung. Bersihkan percikan cat yang menempel di kulit dengan sabun, air atau pembersih kulit.

Itula tips mengecat rumah sendiri Jelang Lebaran 2021 yang bisa kamu lakukan.

AYO BACA : TANGGAL THR 2021 CAIR & Besaran Pastinya! Posko THR Sudah Ada di 34 Provinsi

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar