THR PNS Tanpa Tukin tapi Ada Tunjangan Pangan, Apa Saja Isinya ?

  Minggu, 02 Mei 2021   Aini Tartinia
Ilustrasi PNS. (ayosurabaya)

JAKARTA, AYOSURABAYA - Pemerintah telah memastikan Tunjangan Hari Raya (THR) Lebaran Idulfitri 2021 diberikan kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Kepastian itu datang setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) No.63 Tahun 2021 tentang pemberian Tunjangan Hari Raya dan gaji ke-13 yang ditandatangani pada Rabu 28 April 2021.

Di hari yang sama, terbit pula Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 42/PMK.05/2021 mengenai petunjuk pelaksanaan teknis pemberian THR dan gaji ke-13 kepada aparatur negara.

Dalam regulasi tersebut, perhitungan jumlah THR yang diberikan tidak memasukkan tunjangan kinerja (tukin). Akan tetapi, terdapat tunjangan lainnya yang masuk dalam perhitungan THR, salah satunya tunjangan pangan.

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani menjelaskan THR Lebaran Idulfitri 2021 yang diberikan kepada ASN hanya meliputi gaji pokok ditambah tunjangan yang melekat. "Pemerintah tetap memberikan THR kepada ASN, TNI dan Polri, meskipun tidak dalam jumlah meliputi tunjangan kinerja," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers THR ASN secara virtual, Kamis 29 April 2021.

Diketahui, tunjangan pangan dikenal dengan tunjangan beras yang diberikan kepada PNS dan anggota keluarganya dalam bentuk beras atau uang dengan besaran susuai ketentuan yang berlaku.

Tidak hanya PNS, tunjangan pangan juga berlaku untuk para prajurit TNI, anggota Polri, pengawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi, Pimpinan Lembaga Penyiaran Publik dan Pegawai Non-Pegwai PNS yang bertugas pada lembaga penyiaran publik.

Seperti diketahui, dalam Nota Dinas Kementerian Keuangan Nomor ND-134/PB/2021, adapun komponen THR Lebaran Idulfitri 2021 meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan dan tunjangan jabatan atau tunjangan umum. Tunjangan kinerja tidak masuk dalam komponen THR PNS 2021.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar