Kemendikbud Bagi Bantuan Kuota Gratis 95 GB untuk Siswa - Mahasiswa?

  Selasa, 04 Mei 2021   M. Naufal Hafizh
Kemendikbud Bagi Bantuan Kuota Gratis 95 GB untuk Siswa - Mahasiswa? (Turnbackhoax.id)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM – Beredar pesan berantai tentang adanya bantuan kuota gratis 95 GB dari Kemendikbud di WhatsApp bagi siswa hingga mahasiswa, apakah hal itu benar atau hoaks?

Menurut penelusuran dari Gabriela Nauli Sinaga dari Universitas Sumatera Utara yang dikutip dari Turnbackhoax.id, bantuan kuota gratis 95 GB dari Kemendikbud itu adalah hoaks lama yang beredar kembali. Kemendikbud tidak pernah membagikan tautan bantuan kuota atau pulsa gratis dari Whatsapp.

Berikut narasi yang beredar tersebut:

“https://kuotasubsidi. online/?v=95 GigaBytes

*KEMENDIKBUD*

*Program kuota belajar pulsa 200RB dan kuota 95GB untuk dosen, guru, siswa, mahasiswa selama pembelajaran jarak jauh periode bulan maret-april!*”

Penjelasan

Beredar sebuah pesan berantai dari Whatsapp yang berisi tautan bantuan kuota 95GB dan pulsa 200 ribu untuk mahasiswa dan pelajar. Tautan ini mengklaim bahwa bantuan ini berasal dari Kemendikbud.

Namun setelah ditelusuri, tautan yang mengklaim bahwa Kemendikbud akan membagikan kuota gratis dan pulsa gratis kepada pelajar dan mahasiswa ternyata adalah hoaks.

Mengutip dari artikel turnbackhoax.id pada Maret lalu, pihak dari Kominfo menyatakan bahwa kabar tersebut adalah berita bohong, dan merupakan hoaks lama yang dimodifikasi kembali. Pasalnya, pernah ada hoaks yang sempat beredar pada Februari lalu tentang bantuan kuota 75GB dan pulsa 200 ribu.

Kemendikbud sendiri memang memiliki program bantuan kuota gratis untuk pelajar, mahasiswa, sampai tenaga pengajar (dosen). Namun bantuan itu sudah diprogram sejak tahub 2020 melalui lembaga terkait seperti sekolah dan kampus. Bantuan ini pun secara berkala dibagikan per tanggal 10-15 setiap bulannya secara otomatis.

Dapat disimpulkan bahwa pesan yang berisi tautan bantuan kuota gratis dari Kemendikbud merupakan hoaks kategori fabricated content atau konten palsu dan merupakan hoaks lama yang kembali beredar.

Cara Dapat Kuota Internet Gratis Kemendikbud 2021, Syarat, dan Ketentuannya

Bantuan kuota internet gratis Kemendikbud 2021 akan diberikan pada Maret, April, dan Mei.

Namun, jumlah kuotanya akan berkurang dari kuota belajar sebelumnya. Di sisi lain, kuota ini merupakan kuota umum yang bisa digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi, dengan beberapa pengecualian, yaitu aplikasi-aplikasi yang diblokir, seperti aplikasi permainan dan juga media sosial.

Agar bisa mendapatkan bantuan ini, simak syarat dan ketentuan hingga cara daftar kuota internet Kemendikbud 2021 berikut ini.

Siapa saja yang dapat menerima bantuan kuota internet Kemendikbud 2021?

  • Penerima bantuan kuota Kemendikbud pada bulan November-Desember 2020 dan nomornya masih aktif maka akan menerima bantuan kuota pada bulan Maret 2021.
  • Sementara itu, penerima bantuan yang total penggunaannya kurang dari 1GB. Maka tidak akan menerima bantuan kuota.
  • Pemimpin satuan pendidikan (sekolah) tidak perlu mengunggah SPTJM lagi untuk yang sudah menerima bantuan pada bulan November-Desember 2020 lalu.

Selanjutnya, seperti apa bantuannya? Tahun ini kuota yang diberikan adalah kuota umum, dengan perincian sebagai berikut:

  • Siswa PAUD: 7 GB/bulan
  • Siswa Dikdasmen: 10 GB/bulan
  • Guru PAUD & Guru Dikdasmen: 12 GB/bulan
  • Dosen & Mahasiswa: 15 GB/bulan

Cara Dapat Kuota Internet Gratis Kemendikbud 2021

Sementara itu, bagi mereka yang sebelumnya belum mendapatkan bantuan atau ganti nomor, bisa mengikuti panduan berikut ini:

  • Calon penerima harus melapor kepada pimpinan satuan pendidikan sebelum bulan April 2021 untuk mendapatkan bantuan kuota.
  • Pimpinan atau operator satuan pendidikan harus mengunggah SPTJM untuk nomor yang berubah atau nomor baru pada http://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id atau http://pddikti.kemdikbud.go.id (untuk jenjang pendidikan tinggi).
  • Kuota internet Kemendikbud 2021 dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman, (kecuali yang diblokir Kominfo), serta daftar pengecualian yang tercantum pada situs resmi bantuan kuota data internet Kemendikbud: http://kuota-belajar.kemdikbud.go.id. Kuota akan diberikan setiap tanggal 11-15 setiap bulan dan berlaku selama 30 hari sejak diterima.

Itulah informasi terkait kuota internet gratis Kemendikbud 2021 lengkap dengan syarat dan ketentuan hingga cara mendapatkannya, semoga bermanfaat!

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar