Daerah-daerah yang Diizinkan Menggelar Salat Idulfitri Berjamaah

  Selasa, 04 Mei 2021   Andres Fatubun
Ilustrasi salat Idulfitri. (ayobogor)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM -- Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan bahwa salat Idulfitri hanya boleh dilakukan di zona hijau dan kuning. Itupun dengan menerapkan protokol kesehatan dan dengan pembatasan 50 persen.

Meski demikian, Menag juga meminta masyarakat untuk sebaiknya salat Idul Fitri di rumah masing-masing saja. Menurutnya tidak apa-apa salat Idul Fitri di rumah.

"Karena Salat Idul Fitri hukumnya sunah, sementara menjaga kesehatan, menjaga keselamatan diri, keselamatan keluarga dan lingkungan itu wajib, jadi didahulukan yang wajib daripada yang sunah," kata Menag kepada Republika di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Selasa (4/5).

Mengenai pelaksanaan Salat Idul Fitri di lapangan terbuka, Menag mengatakan, kapasitas lapangan terbuka itu ada kapasitasnya. Maksimal jamaah Salat Idul Fitri separuh kapasitas lapangan terbuka itu. 

Sebelumnya, Kementerian Agama melalui Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Dirjen Bimas) Islam, Kamaruddin Amin menyampaikan bahwa masyarakat memungkinkan untuk melakukan Salat Idul Fitri asal memenuhi sejumlah syarat yang ditentukan.     

Kamaruddin mengatakan, Surat Edaran Menteri Agama tentang Panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1442 Hijriyah itu mememungkinkan atau membolehkan masyarakat untuk melaksanakan Salat Idul Fitri dengan sejumlah syarat. Di antaranya harus menjaga protokol kesehatan untuk mencegah penularan dan penyebaran Covid-19. Terkait protokol ini semuanya sudah tahu.

"Penggunaan ruangan misalnya masjid atau lapangan (untuk Salat Idul Fitri) itu tidak lebih dari 50 persen dari kapasitasnya, kemudian itu tidak berada di zona merah dan oranye, itu saya kira tiga poin penting," kata Kamaruddin kepada Republika, Selasa (4/5). 

Ia mengatakan, pastikan juga oleh dewan kemakmuran masjid (DKM) untuk membentuk panitia guna memastikan protokol pencegahan Covid-19 dilaksanakan dengan baik.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar