Bisa Dicoba Malam Ini Sebelum Tidur, 5 Cara Mengatasi Ngorok

  Selasa, 04 Mei 2021   Andres Fatubun
Ilustrasi mau tidur. (Sasin Tipchai dari Pixabay )

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Kebiasaan ngorok saat tidur kerap membuat Anda kurang nyaman karena takut mengganggu orang di sekitar. Namun, ada beberapa cara mengatasi ngorok yang bisa Anda coba lakukan agar tidur terasa lebih nyaman dan kualitas tidur Anda pun dapat meningkat.

Jika Anda sering mengorok saat tidur dan merasa terganggu karenanya, ada beberapa cara mengatasi ngorok yang bisa dicoba, antara lain:

1. Mengubah posisi tidur

Anda disarankan untuk tidur dengan posisi tubuh miring ke kanan atau ke kiri. Hal ini karena posisi tidur telentang dapat menyebabkan pangkal lidah menjadi lebih condong ke belakang tenggorokan, sehingga menghalangi aliran udara di tenggorokan dan menimbulkan suara dengkuran.

Dengan demikian, untuk menghentikan ngorok ubahlah posisi tidur menjadi miring agar udara dapat bergerak bebas melewati tenggorokan Anda.

2. Mencukupi waktu istirahat

AYO BACA : Besaran THR Polisi dari Pangkat Tamtama hingga Perwira Tinggi

Kelelahan atau kurang tidur dapat membuat seseorang lebih sering mengorok. Oleh karena itu, Anda perlu cukup beristirahat untuk mencegah dan mengatasi keluhan ngorok. Waktu tidur yang direkomendasikan adalah sekitar 7–8 jam setiap malam.

3. Menjaga kebersihan tempat tidur dan kamar

Hidung dan tenggorokan bisa mengalami pembengkakan akibat alergi, misalnya alergi terhadap debu atau asap rokok. Kondisi ini bisa membuat Anda lebih sering ngorok.

Oleh karena itu, cobalah untuk menjauhi faktor pencetus alergi tersebut dengan menjaga kebersihan kamar dan tempat tidur Anda. Jika perlu, Anda bisa mencoba menjaga kualitas udara di kamar tidur dengan menggunakan pelembap udara (humidifier).

Akan tetapi, apabila keluhan ngorok akibat alergi sering muncul atau kambuh, sebaiknya konsultasikan ke dokter agar dokter dapat memberikan penanganan yang tepat.

4. Membersihkan diri atau mandi dengan air hangat

AYO BACA : 10 Provinsi dengan Kenaikan Kasus dan Kasus Aktif Tertinggi, Jatim Tidak Termasuk

Bila dengkuran disebabkan oleh penyakit sinusitis, cobalah untuk mandi air hangat sebelum tidur. Hal ini dapat membuka saluran pernapasan sehingga mengurangi ngorok.

Selain mandi air hangat, Anda juga bisa mencoba menghirup uap hangat selama beberapa menit sebelum tidur untuk meringankan keluhan ngorok.

5. Menggunakan nasal strip

Anda bisa mencoba menggunakan nasal strip yang dijual bebas untuk mengatasi keluhan sering ngorok. Alat ini berbentuk menyerupai plester yang digunakan dengan cara ditempel di pangkal hidung.

Nasal strip berguna untuk membuat saluran napas menjadi lebih terbuka, sehingga aliran udara di hidung dan tenggorokan dapat lebih lancar saat Anda tertidur.

Mendengkur bisa menurunkan kualitas tidur Anda dan membuat Anda sering mengantuk ketika beraktivitas. Agar keluhan tersebut dapat teratasi, Anda bisa mencoba beberapa cara mengatasi ngorok yang telah disebutkan di atas.

AYO BACA : THR PNS CAIR HARI INI ? Ini Besarannya sesuai Peraturan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar