THR Buruh Cair Hari Ini, Berapa Besarannya?

  Kamis, 06 Mei 2021   M. Naufal Hafizh
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah.

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM – Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, melalui Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan M/6/HK.04/IV/2021 mewajibkan para pengusaha untuk melakukan pembayaran THR keagamaan tahun 2021 secara penuh atau tanpa dicicil. 

Dalam SE tersebut disebutkan THR buruh cair maksimal atau paling lambat 7 hari sebelum hari raya keagamaan. Jika merujuk pada penentuan Idulfitri yang ditetapkan Muhammadiyah, yakni 13 Mei 2021, maka THR buruh maksimal cair atau dibayarkan tanggal 6 Mei.

Pemberian THR buruh merupakan upaya untuk memenuhi kebutuhan buruh dan keluarganya dalam merayakan hari raya keagamaan.

Besaran THR Buruh 

Pembayaran THR 2021 sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021 dan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2016 dilaksanakan dengan memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

1. THR Keagamaan diberikan kepada:
a. Pekerja / buruh yang telah mempunyai masa kerja 1 (satu) bulan secara terus menerus atau lebih.

b Pekerja / buruh yang mempunyai hubungan kerja dengan pengusaha berdasarkan perjanjian kerja waktu tidak tertentu atau perjanjian kerja waktu tertentu.

Bagi buruh yang mempunyai masa kerja 12 bulan secara terus menerus atau lebih, THR yang diberikan sebesar 1 bulan upah.

Bagi buruh yang telah mempunyai masa kerja 1 bulan secara terus menerus tetapi kurang dari 12 bulan, diberikan secara proporsional sesuai dengan perhitungan: masa kerja/12 x 1 (satu) bulan upah.

Bagi buruh yang bekerja berdasarkan perjanjian kerja harian, upah 1 bulan dihitung sebagai berikut:

1) pekerja / buruh yang telah mempunyai masa kerja 12 bulan atau lebih, upah 1 bulan dihitung berdasarkan rata-rata upah yang diterima dalam 12 bulan terakhir sebelum hari raya keagamaan.

2) pekerja / buruh yang telah mempunyai masa kerja kurang dari 12 bulan, upah 1 bulan dihitung berdasarkan rata-rata upah yang diterima tiap bulan selama masa kerja.

Posko Aduan THR di Jatim

Puluhan posko pelayanan Tunjangan Hari Raya (THR) dibuka Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Jawa Timur (Disnakertrans Jatim). Total, ada 55 posko pelayanan THR yang disiagakan Pemprov Jatim.

Ke-55 itu terdiri atas 38 posko di Disnakertrans Kabupaten atau kota, 16 posko di Unit Pelaksana Teknis Balai Latihan Kerja (UPTBLK), dan 1 di Disnakertrans Jatim.

Posko tersebut melayani sejak Selasa (27/4/2021) ini hingga 20 Mei 2021 pada hari kerja, pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB. Sementara, untuk hari Jumat, dibuka pukul 08.00 sampai 15.30 WIB.

Selain itu, masyarakat bisa mengaksesnya secara virtual melalui situs disnakertrans.jatimprov.go.id dan bit.ly/PelayananTHRJatim 2021.

Kepala Disnakertrans Jatim Himawan Estu Bagijo mengatakan, bila ada perusahaan yang tak dapat memenuhi pembayaran THR, akan dilakukan penegakan dengan cara memeriksa pengusaha tersebut. Begitu pula dengan alasan tak bisa dibayarkannya THR para pekerja. Apabila ada perusahaan menyatakan tidak mampu membayar THR, Disnakertrans akan memfasilitasi pembicaraan kepada para pekerja.

"Harus (diskusi) sama-sama dengan serikat pekerja," kata Himawan saat konferensi pers, Senin (26/4/2021).

Himawan menuturkan, diskusi tersebut bertujuan mencari jalan keluar dan alternatif perihal skema pembayaran THR. Misalnya, dibayar dengan cara mencicil atau melakukan penundaan, sesuai kesepakatan antara pekerja dan perusahaan terkait.

Menurutnya, pencarian solusi dengan cara mediasi dan medium yang difasilitasi pihaknya lantaran belum ada sanksi yang mengatur pembayaran THR sampai saat ini. Meski begitu, pihak Himawan hendak menindaklanjuti permasalahan di lapangan dengan membuat berita acara.

"Entah skema cicil 1, 2, 3 bulan atau apa bagaimana, itu kesepakatan bersama. Prinsipnya, tidak sanksi. Tapi, harus dibayar," tuturnya.

Himawan memaparkan, posko THR itu tak hanya menampung terkait aduan pekerja yang belum memperoleh hak pada Lebaran 2021 tahun ini sesuai ketetapan pemerintah yang menyebutkan harus dibayar maksimal 7 hari menjelang hari raya Idulfitri. Namun, juga menampung aduan perihal besaran yang harus dibayarkan perusahaan.

Itulah informasi tentang THR 2021 cair tapi kamu belum mendapatkannya, segera laporkan ke 55 posko THR yang ada di Jatim tersebut atau secara online.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar