PWNU Jatim Mengutuk Keras Serangan Israel kepada Warga Palestina di Masjid Al-Aqsa

  Minggu, 09 Mei 2021   Praditya Fauzi Rahman
MAsjid Al Aqsa. (Robert Alvarado dari Pixabay)

GAYUNGAN, AYOSURABAYA.COM -- Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur (PWNU Jatim) mengecam keras tindakan Israel yang menyerang warga Palestina di Masjid Al-Aqsa pada Jumat (7/5/2021) lalu. PWNU Jatim juga menyerukan pemberian sanksi internasional terhadap Israel.

Ketua PWNU Jatim, KH Marzuqi Mustamar mengatakan, pihaknya juga mengintruksikan kepada Nahdliyin di Jatim untuk membaca Qunut Nazilah dan Hizin Nashor di sisa bulan Ramadan tahun ini. Pun dengan masyarakat Indonesia lainnya, sebagai bentuk solidaritas untuk Palestina.

“Di akhir Ramadan ini, saya menyerukan secara khusus kepada warga NU dan Pesantren di Jatim untuk bersama melakukan gerak batin dengan membaca doa Qunut Nazilah dan Hizb," katanya melalui keterangan tertulis yang diperoleh AyoSurabaya.com, Minggu (9/5/2021) dinihari.

Marzuqi menuturkan, doa tersenut bertujuan untuk memohon pertolongan dari Allah SWT agar Palestina dan sejumlah negara di dunia dapat hidup dengan damai. Serta, dijauhkan dari beragam konflik, baik antar saudara maupun antar negara.

Sementara itu, Wakil Ketua PWNU Jatim, KH Abdussalam Shohib juga menyatakan hal serupa. Ia mengutuk serangan Israel kepada warga Palestina di Masjid Al Aqsa.
Pengasuh Ponpes Denanyar Jombang itu juga mendesak pemerintah RI untuk segera melakukan protes keras ke PBB. Supaya, kekerasan terhadap warga Palestina dapat segera diredam dan diselesaikan secara damai.

"Nahdlatul Ulama tegas mengutuk dan mendesak pemerintah untuk melakukan protes resmi ke PBB. Praktik-praktik kekerasan dan pelanggaran nyata, terus dilakukan Israel terhadap warga Palestina, seperti serangan di masjid Al Aqsa," ujar Abdussalam.

Diketahui, polisi Israel melakukan beragam tindakan kekerasan ke arah pemuda Palestina yang berada di Masjid Al-Aqsa, Yerusalem pada Jumat (7/5/2021) malam lalu. Informasi yang beredar, ada ratusan warga Palestina yang terluka dalam bentrokan yang terjadi di tengah meningkatnya kemarahan masyarakat Palestina akibat protes pembatasan akses oleh Israel ke beberapa bagian kota tua selama bulan suci Ramadan.
 

 

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar