JOKOWI MUDIK saat Warga Dilarang Mudik Lebaran 2021, Fakta atau Hoaks?

  Senin, 10 Mei 2021   M. Naufal Hafizh
JOKOWI MUDIK saat Warga Dilarang Mudik Lebaran 2021, Fakta atau Hoaks?

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM – Beredar unggahan video di Twitter yang mengklaim bahwa Presiden Jokowi mudik Lebaran 2021.

Salah satu unggahan tersebut disampaikan akun Fahmi Alkatiri @Fkadrun dengan narasi, “Apa iya Jokowi pulang kampung?? Berarti.. Yg mudik… (mau bolang sergu, ngga berani..)

Lantas, benarkah Jokowi mudik Lebaran saat warga dilarang mudik alias pulang kampung?

Sebelumnya, video tersebut menunjukkan iring-iringan mobil yang dikawal petugas.

Hingga Senin, 10 Mei 2021, pukul 05.30, unggahan tersebut sudah disaksikan 22 ribu orang, disukai 650 akun, dan di-retweet oleh 387 akun.

PENJELASAN

Mengutip laporan Antara, rombongan tersebut merupakan rombongan presiden, tapi bukan untuk mudik, melainkan kunjungan kerja Joko Widodo ke Jawa Timur, Kamis, 6 Mei 2021, saat hari pertama larangan mudik Idulfitri diberlakukan.

Kunjungan kerja tersebut dilakukan sehari.

Kepala Negara tiba di Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo, dan menuju Pusat Pemasaran dan Distribusi Ikan (PPDI) Brondong di Lamongan.

Selain di Lamongan, rombongan Presiden Jokowi juga mengunjungi fasilitas pengolahan sampah menjadi energi listrik (PSEL) di TPA Benowo, Surabaya.

Setelah itu, rombongan Presiden langsung ke Jakarta pada sore harinya.

Mereka yang ikut dalam rombongan Presiden Jokowi antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Agus Subiyanto, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Mengutip Medcom.id, bahwa iring-iringan Presiden Jokowi saat kunjungan kerja ke Surabaya, Jatim, ditegaskan dengan plat nomor kendaraan bertanda L dalam video tersebut. Plat L mencakup wilayah Kota Surabaya.

Dengan demikian, unggahan bahwa Jokowi mudik Lebaran 2021 adalah konten yang salah.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar