Pelembap untuk Kulit Berminyak agar Cantik saat Lebaran

  Senin, 10 Mei 2021   M. Naufal Hafizh
Pelembap untuk Kulit Berminyak agar Cantik saat Lebaran. (Pixabay)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Mungkin Anda bertanya, pelembap untuk kulit berminyak agar Lebaran 2021 tampil cantik harus yang mengandung apa?

Tidak semua pelembap cocok untuk kulit berminyak. 

Lalu, seperti apa kriteria pelembap yang tepat untuk kulit berminyak? Kriteria apa yang harus dipilih, dan apa yang harus dihindari?

Dilansir dari laman Watsons, saat memilih pelembap untuk kulit berminyak, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membaca label pada kemasan produk.

Cari pelembap yang berlabel 'non-komedogenik,' non-acnegenic, 'tidak menyumbat pori-pori,' atau 'tidak menyebabkan jerawat' sebagai permulaan. Kemudian, barulah Anda gali lebih dalam bahan-bahannya.

Berikut kriteria pelembap untuk kulit berminyak yang harus Anda cari:

1. Bahan yang mengurangi produksi minyak pada kulit

Pelembap yang mengandung bahan aktif yang membantu mengendalikan sebum, seperti asam salisilat, asam glikolat, asam laktat, benzoil peroksida, niacinamide, seng, retinoid, dan belerang adalah pilihan utama.

Asam hyaluronic adalah salah satu bahan pelembap terbaik untuk kulit berminyak karena dapat mengunci kelembapan dan menjaga keseimbangan minyak secara efektif untuk menghindari menghasilkan sebum berlebih.

Anda juga harus memilih dimethicone daripada petrolatum yang dapat menyumbat pori-pori. Dimethicone tidak hanya meniru konsistensi minyak, tetapi juga membuat kulit terasa sehat namun kering setelah digunakan. Bahan-bahan ini bisa mencegah penyumbatan pori-pori yang menyebabkan jerawat.

2. Tekstur ringan

AYO BACA : Pedangdut Cantik di Probolinggo Paksa Remaja Pria Layani Hasrat Seksualnya

Dibandingkan dengan krim yang kental dan gel atau lotion, pelembap berbahan dasar gel atau berbasis air dengan formula bebas minyak lebih cocok untuk kulit berminyak. Krim yang kental dapat menyebabkan pori-pori dan jerawat tersumbat dengan mudah. Biarkan kulit berminyak Anda dapat bernapas lega untuk mencegah timbulnya jerawat.

Tekstur pelembap bebas minyak lebih ringan daripada krim, dan bisa diserap dengan mudah tanpa membuat kulit jadi tampak seperti kelebihan minyak. Beberapa pelembap bebas minyak memiliki formula pelembut untuk menjaga kulit Anda tetap terhidrasi sambil menyerap minyak berlebih.

Dan inilah kategori pelembap yang harus dihindari oleh pemilik kulit berminyak:

1. Pelembap dengan alkohol

Pelembap yang mengandung alkohol bisa menghilangkan air dari permukaan kulit, yang menghasilkan penumpukan sel-sel mati dan membuat kulit jadi tampak kusam. Mencoba mengeringkan kulit berminyak dengan alkohol dapat menjadi bumerang, karena penumpukan ini akan memerangkap minyak dan menyebabkan kulit jadi berjerawat dan lebih banyak produksi minyak.

Penting juga untuk menghindari minyak mineral dan petrolatum dalam pelembap Anda, karena akan memberatkan kulit berminyak dan menyumbat pori-pori. Jauhi bahan-bahan penghidrasi intensif seperti vitamin E, lanolin, atau minyak alami.

Dampak Terlalu Banyak Memakai Pelembap

Sayangnya, terlalu banyak atau sering memakai pelembap bisa memberikan dampak buruk terhadap kulit wajah.

Menggunakan pelembap setelah membersihkan wajah dipercaya dapat menjaga kulit dari keriput serta tampak lebih bercahaya.

AYO BACA : Tips Cantik saat Lebaran 2021, Hentikan 5 Kebiasaan Penyebab Wajah Tampak Tua

Biasanya, penggunaan secara berlebihan dapat membuat kulit malas dan kurang mampu menghasilkan kelembapan alami sendiri.

Dilansir dari laman Allure, berdasarkan survei yang dilakukan salah satu perusahaan perawatan kulit ternama di Eropa, mengatakan bahwa sebanyak 70 persen wanita memiliki kulit kering.

Sementara iut, 44 persen berjerawat serta muncul bintik-bintik pada wajah akibat pemakaian pelembap berlebih.

Waktu Memakai Pelembap

Gunakan pelembap dalam jumlah cukup untuk memberikan nutrisi pada kulit. Kamu hanya perlu aplikasikan pelembap secara rutin saat pagi dan malam atau ketika area kulit tertentu yang kering dan membutuhkan kelembapan.

Menggunakan pelembap secara berlebihan menyebabkan akumulasi sel-sel kulit mati, kulit menjadi kering, berjerawat dan pori-pori menjadi besar.

Menggunakan pelembap juga penting dengan melihat kondisi kulit masing-masing. Jika kamu memiliki kulit kering, gunakan pelembap dalam jumlah normal.

Sementara itu, bagi pemilik kulit berminyak, gunakan pelembap secukupnya agar wajah tidak terlalu mengkilap.

Kamu juga wajib memilih formula pelembap yang tepat. Jika kulit kering perlu menggunakan pelembap yang creamy sehingga bisa menghidrasi kulit lebih dalam. Sementara untuk kulit berminyak, kamu bisa memilih menggunakan pelembap dengan kandungan air lebih banyak.

AYO BACA : Mau Kulit Cantik dan Sehat Tanpa Skincare? Kurangi 6 Makanan Ini

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar